Prihatini, Risma Alfiah (2020) PENGARUH DIVERSIFIKASI DAN DIFERENSIASI PRODUK NIBRAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Konsumen Nibras). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
Risma Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (406kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I Risma.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (263kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II Risma.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (365kB) |
||
Teks
BAB III Risma.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (416kB) |
||
Teks
BAB IV Risma.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (605kB) |
||
|
Teks
BAB V Risma.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAK1 Risma.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (294kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Risma Alfiah Prihatini, Nim: 161410022, Judul Skripsi: Pengaruh Diversifikasi Dan Diferensiasi Produk Nibras Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Konsumen Nibras) Banyaknya penduduk Indonesia yang mayoritas agama Islam membuat bisnis busana muslim kian cemerlang di masa depan. Sehingga banyaknya pesaing di bisnis ini pun terus terus bermunculan. Salah satunya adalah Nibras. Bisnis bersatu suami istri (Jalal Abdul Nasir dan Temmy Wahyuni) ini pertama kali berdiri pada 2011 lalu dengan pemasaran melalui distributor dan agen. Kemudian diawal 2018, merek ini mulai mendirikan outlet pertamanya yang disebut Nibras House. Saat ini, sedikitnya sudah ada 70 outlet Nibras House yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, semuanya milik distributor dan juga agen. Nibras House terdiri dari beberapa level yakni Nibras House Maxi, Nibras House Midi, dan Nibras House Mini. Untuk Nibras sendiri yang ditonjolkan pada busana gamis syar’i, gamis daily atau gamis harian, hingga gamis pesta. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Apakah diversifikasi produk ada pengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, 2). Apakah diferensiasi produk ada pengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, 3). Apakah diversifikasi dan diferensiasi produk ada pengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh diversifikasi dan diferensiasi produk terhadap kepuasan pelanggan, untuk melihat sejauh mana konsumen nibras dalam memakai produknya. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei yang digunakan untuk penjelasan (explanatory) dalam penelitian ini juga menguraikan beberapa penjelasan yang bersifat deskriptif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu untuk menganalisis data yang diperoleh dilapangan. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan melakukan perhitungan terhadap data yang ada dengan menggunakan bantuan sofware SPSS 22 (Statistical Product And Service Solution). Berdasarkan perhitungan secara parsial adalah dengan menggunakan uji hipotesis (uji t) untuk variabel diversifikasi produk (X1) diketahui thitung sebesar 1,521 dan ttabel sebesar 1,99601 ( 1,521 < 1,99601) maka H0 diterima dan H1 ditolak dan dilihat dari nilai signya 0,133 > 0,05 maka tolak H1 dan terima H0, hal ini menunjukan untuk variabel diversifikasi produk (X1) tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan untuk variabel diferensiasi produk (X2) menghasilkan nilai thitung sebesar 2,027 dan ttabel 1,99601 (2,027 > 1,99601) maka tolak H0 dan terima H1 dan dilihat dari nilai signya 0,047 < 0,05, maka tolak H0 dan terima H1, hal ini menunjukan variabel diferensiasi produk secara parsial terdapat pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Untuk hasil pengujian hipotesis secar simultan diperoleh Fhitung sebesar 3,238 dan Ftabel sebesar 3,13 (3,238 > 3,13) dan dilihat dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,045 < 0,05), maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan variabel diversifikasi dan diferensiasi produk nibras secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan 0,088. Hal ini menunjukan bahwa diversifikasi dan diferensiasi produk nibras secara simultan memberikan pengaruh sebesar 08,8% terhadap kepuasan pelanggan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci: Diversifikasi, Diferensiasi produk, Kepuasan Pelanggan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 338 Produksi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 02 Sep 2020 01:58 |
Perubahan Terakhir: | 02 Sep 2020 01:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5548 |
Actions (login required)
Lihat Item |