Suparta, Suparta (2020) Konsep Pendidikan Aqidah Akhlak Nabi Ibrahim,A.S Dalam Alquran (Studi Pustaka: Analisis Ayat-Ayat Tentang Pendidikan Aqidah Akhlak Nabi Ibrahim, a.s.). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (164kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (801kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (513kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II (1).pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (715kB) |
||
Teks
BAB III (1).pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (612kB) |
||
Teks
BAB IV (1).pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
BAB V (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (254kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (235kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama Mahasiswa : Suparta, Nomor Induk Mahasiswa: 1640100409. Judul Tesis. “Konsep Pendidikan Aqidah Akhlak Nabi Ibrahim,A.S Dalam Alquran ( Studi Pustaka: Analisis Ayat-Ayat Tentang Pendidikan Aqidah Akhlak Nabi Ibrahim, a.s.) Tesis ini membahas tentang konsep pendidikan aqidah akhlak nabi Ibrahim,a.s. dalam Al-Qur’an bermaksud memberikan penjelasan dan solusi nyata kepada orang tua dan para pendidik tentang cara menerapkan pendidikan Aqidah akhlak berdasarkan konsep yang dibangun nabi Ibrahim, a.s. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana tujuan pendididkan aqidah akhlak Nabi Ibrahim,a.s. ?, Bagaimana materi pendidikan aqidah akhlak nabi perspektif Nabi Ibrahim,a.s ?, Bagaimana metode Pendidikan aqidah akhlak perspektif Nabi Ibrahim,a.s ?, Bagaimana evaluasi pendidikan aqidah akhlak perspektif Nabi Ibrahim, a.s ?. Metode Analisis yang digunakan dalam analisis ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. adapun teknik pengumpulan adalah teknik dokumentasi. Sementara analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yang meliputi pengumpulan data,reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil Analisis ini adalah; Tujuan pendidikan Aqidah Akhlak dalam Perspektif Nabi Ibrahim, a.s. adalah menjadikan manusia sebagai hamba Allah yang seutuhnya, totalitas tunduk dan berserah diri kepada-Nya serta memiliki akhlaq mulia. Materi akhlak pendidikan mencakup kebutuhan dasar manusia melalui aspek tilawah untuk pencerahan intelektual, tazkiyah untuk penguatan spiritual, taklim untuk pengembangan keilmuan dan hikmah sebagai panduan operasional dalam amal kebajikan Materi aqidah meliputi; Tauhid uluhiah, Tauhid rububiyah, Tauhid asma wa shifat. Metode meliputi; dialog, Mauidzah, Ibrah, keteladanan, demonstrasi, ceramah, pemberian hadiah dan sangsi. Evaluasi pendidikan Aqidah Akhlak dalam Perspektif Nabi Ibrahim,a.s meliputi evaluasi tentang seluruh aspek pendidikan yang dilakukan dengan sasaran orang tua, keluarga, keturunannya dan ummatnya dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan, dan berulang-ulang sehingga hasil pendidikan yang dilakukan sangat berhasil dan dapat dipertanggungjawabkan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci : Aqidah, Akhlak, Kemusyrikan, Ketaatan. |
Subjek: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 01 Sep 2020 06:52 |
Perubahan Terakhir: | 01 Sep 2020 06:52 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5537 |
Actions (login required)
Lihat Item |