ANALISIS PERBANDINGAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA e-SPT DALAM MELAPORKAN SPT TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN(Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kota Serang)

MAEMUNAH, NUNUNG (2017) ANALISIS PERBANDINGAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA e-SPT DALAM MELAPORKAN SPT TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN(Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (444kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (826kB)

Abstrak

Salah satu usaha untuk mewujudkan kemandirian suatu bangsa dalam pembangunan yaitu dengan menggali sumber dana yang berasal dari dalam negeri berupa pajak. Pajak adalah salah satu sumber penerimaan negara yang cukup tinggi yang diperlukan untuk pembangunan negara. Untuk mencapai target tersebut dalam pembayaran pajak perlu terus - menerus ditingkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk meningkatkan pendapatan pajak secara efektif dan efisien maka pemerintah terus berupaya mencari cara dengan memperbaharui peraturan sistem kebijakan yang baru dalam pelayanan administrasi perpajakan. Adanya bentuk perubahan administrasi perpajakannya dalam melaporkan SPT dengan menggunakan e-SPT. Pernyataan di atas merupakan uraian latar belakang dalam penelitian ini, dari uraian tersebut penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Apakah terdapat perbedaan kepatuhan wajib pajak sebelum dan sesudah adanya e- SPT dalam melaporkan SPT Tahunan PPh. 2) Seberapa besar perbedaan kepatuhan wajib pajak sebelum dan sesudah adanya e- SPT dalam melaporkan SPT tahunan PPh. 3) Bagaimana pajak menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis perbedaan kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT Tahunan PPh sebelum dan sesudah adanya e-SPT. Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT masa PPh sebelum dan sesudah adanya program e-SPT dan untuk mengetahui bagaimana pajak dalam perspektif Islam. Metode Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian komparatif. Dan teknis analisis data menggunakan Statistik deskriptif dan Hipotesis Komparatif. dengan menggunakan uji t-test dua sampel (paired sample t test). Dan dihitung menggunakan Ms. Excel. Hasil analisis menggunakan Paired Sampel t Test dan dihitung menggunakan Ms. Excel diperoleh nilai thitung = 1,54 < ttabel = 12,71 sehingga penelitian ini dikatakan H0 diterima dan Ha ditolak. Maka hal ini berarti bahwa tidak terdapat perbedaan pada kepatuhan wajib pajak antara sebelum dan sesudah adanya e-SPT dalam melaporkan SPT tahunan PPh. Beberapa ekonom muslim membolehkan pemungutan pajak yang dilakukan oleh pemerintah. Kewajiban yang dibebankan kepada masyarakat seperti kewajib pajak orang pribadi ini sebagai suatu kewajiban tambahan setelah zakat dengan tujuan yang diperuntukan kembali bagi masyarakat umum.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): SPT TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 22 Mei 2017 06:51
Perubahan Terakhir: 22 Mei 2017 06:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.