PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI TENTANG HAJI (PTK di Kelas X MA Al-Jami’atusysyubban Citeureup Panimbang Pandeglang)

ROKAYAH, ROKAYAH (2017) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI TENTANG HAJI (PTK di Kelas X MA Al-Jami’atusysyubban Citeureup Panimbang Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN-DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (345kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (658kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Hasil belajar siswa merupakan kecakapan atau kemampuan yang didapatkan oleh peserta didik melalui pembelajaran. Hasil pembelajaran yang diperoleh peserta didik secara beragam sangat tergantung kepada berbagai faktor diantaranya adalah faktor proses belajar mengajar termasuk didalamnya adalah penggunaan metode pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang sangat rendah. Tindak lanjut dari hasil pembelajaran tersebut penulis melakukan perbaikan melalui penggunaan metode cooperative learning, namun hasilnya perlu dilakukan penelitian. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana penerapan metode cooperatiive learning pada mata pelajaran fikih materi haji di kelas X MA Al-Jami’atusysyubban Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang? 2) Apakah penerapan metode cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA Al-Jami’atusysyubban Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang pada mata pejaran fikih materi haji?. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Jami’atusysyubban Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang dengan tujuan 1) Untuk mengetahui penerapan metode cooperative learning terhadap peningkatan belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi haji di kelas X MA Al-Jami’atusysyubban Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih melalui penerapan metode cooperative learning di kelas X MA Al-Jami’atusysyubban Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi haji di kelas X MA Al-Jami’atusysyubban Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang pada setiap siklusnya, kenaikan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada pra siklus sebesar 8% dengan nilai rata-rata 56, mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 44% dengan nilai rata-rata 70, dan menjadi 86% dengan nilai rata-rata 83 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa metode cooperative learning berhasil dalam proses pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): METODE COOPERATIVE LEARNING
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 22 Mei 2017 06:51
Perubahan Terakhir: 22 Mei 2017 06:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.