Implementasi Manajemen Pembelajaran Guru PAI di SMP Negeri 3 Cikande

Nasiah, Nasiah (2020) Implementasi Manajemen Pembelajaran Guru PAI di SMP Negeri 3 Cikande. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB)
[img] Teks
lampiran depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (456kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (219kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (468kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (482kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (225kB)

Abstrak

Nasiah. 161250031. 2020. Implementasi Manajemen Pembelajaran Guru PAI di SMP Negeri 3 Cikande. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pembelajaran guru PAI dalam hal: 1) Perencanaan pembelajaran, 2) Pelaksanaan pembelajaran, 3) Evaluasi pembelajaran, 4) mutu pembelajaran dan, 5) Faktor penghambat dan solusi implementasi manajemen pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Cikande. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, waki kepala sekolah bagian kurikulum, guru PAI dan guru lainnya serta siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: perencanaan guru PAI di SMP Negeri 3 Cikande sudah dilakukan dengan baik, melalui penyusunan komponen perangkat perencanaan pembelajaran meliputi: alokasi waktu dam minggu efektif, program tahunan, program semesteran, silabus dan RPP. Pelaksanan pembelajaran sudah dilakukan dengan baik, dengan penggunaan metode, pendekatan serta media yang bervariasi sesuai dengan apa yang tertuang di RPP. Evaluasi pembelajaran guru PAI melakukan evaluasi hasil belajar dengan menggunakan 2 cara formatif dan sumatif yang mengarah pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dan alat yang digunakan evaluasi hasil belajar ialah tes buatan guru atau tes tidak baku. Kualitas pembelajaran bagus sehingga proses belajar mengajar di SMP Negeri 3 Cikande berjalan dengan baik. Faktor penghambat dan solusi implementasi manajemen pembelajaran terdiri dari dua faktor. Internal dan eksternal. Faktor internal berhubungan dengan kualitas guru, sedangkan faktor eksternal berhubungan dengan sarana dan keadaan peserta didik. Solusi mengatasi kendala tersebut guru mengikuti pelatihan-pelatihan diluar sekolah. Melakukan pendekatan individual langsung pada peserta didik, serta menyediakan sarana yang masih kurang memadai.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci: manajemen pembelajaran, mutu pembelajaran, faktor penghambat dan solusi
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Aug 2020 07:55
Perubahan Terakhir: 10 Aug 2020 07:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5399

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.