Irvianti, Nurul (2020) NILAI SPIRITUAL DAN SOSIAL DALAM AL-QUR’AN SURAH MARYAM AYAT 12-14 PADA PENDIDIKAN ANAK IMPLEMENTASINYADISDITIQRAKOTASERANG. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nurul Irvianti,2020. Nilai Spiritual Dan Sosial Dalam al-Qur’an Surah Maryam Ayat 12-14 Pada Pendidikan Anak Implementasinya di SD IT Iqra Kota Serang. Tesis program pascasarjana program studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Pembimbing I Prof. Dr. H. Fauzul Iman, MA. Pembimbing II Dr. Hj. Hunainah, MM. Berbagai masalah telah terjadi akibat dari rusaknya nilai sosial dan spiritual di Indonesia.Permasalahan nilai sosial berkaitan erat dengan spiritual. Permasalahan tersebut adalah sebagai berikut : pergaulan bebas,kurangnya rasa kasih sayang terhadap sesama teman, kurangnya kesadaran untuk menjaga kesucian,masih adanya sikap sombong dalam diri peserta didik dan menurunnya etika sopan santun terhadap orang yang lebih tua. Bagaimana nilai spiritual dan sosial yang terkandung dalam alQur’anSurahMaryamayat12-14?Bagaimana implementasi nilai spiritual dan sosial pada al-Qur’anSurahMaryamayat12-14 pada pendidikan anak di SD IT Iqra Kota Serang? Untuk mengetahui nilai spiritual dan sosial dalam al-Qur’an Surah Maryam ayat 12-14? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai spiritual dan sosial dalam al-Qur’anSurahMaryamayat12-14 pada pendidikan anak di SD IT Iqra Kota Serang Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif komparatif. Sumber data berasal dari wawancara kepada kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam,wali kelas 1 sampai kelas tiga dan peserta didik kelas satu sampai kelas tiga. Selain itu data diperoleh juga dari obserasi dan studi dokumentasi. Proses analisa data dalam penelitian ini menggunakan model Spradley yakni terdiri dari reduksi data,penyajian data,kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan analisis data hasil lapangan maka ditemukan bahwa nilai spiritual dan sosial dalam al-Qur’an surah maryam ayat 12-14 pada pendidikan anak, implementasinya di SD IT Iqra Kota Serang. Hasil analisa dan penelitian menunjukkan bahwa: ada delapan nilai spiritual dan nilai sosial dalam Al-Qur’anSurahMaryamayat12– 14 yaitu : (1) sungguh – sungguh,(2) hikmah, (3) belas kasihan,(4) kesucian, (5) taqwa, (6) berbakti kepada kedua orang tua, (7) bukan orang yang sombong, (8) bukan orang yang durhaka, implementasi nilai spiritual dan nilai sosial di SD IT Iqra Kota Serang dengan pembiasaan seperti (1) muroja’ah, (2) tadarus, (3) tahfiz,(4)shalatdhuhadanshalatdhuhurberjama’ah,(5)pembacaando’’a sebelum dan sesudah pelajaran, (6) kegiatan bakti sosial, dan (7) kegiatan belajar mengajar. Upaya untuk mengatasi dekadensi moral di kalangan anak – anak adalah dengan menanamkan nilai spiritual dan sosial pada anak sejak usia dini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci : Nilai spiritual, nilai sosial, pendidikan anak |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Aug 2020 09:01 |
Perubahan Terakhir: | 05 Aug 2020 09:01 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5359 |
Actions (login required)
Lihat Item |