Manajemen Disiplin Dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (Studi Analisis di MAN 2 Kota Serang)

Magfiroh, Etika Fitrotul (2020) Manajemen Disiplin Dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (Studi Analisis di MAN 2 Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
Cover Etika PDF.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (725kB)
[img] Teks
LAMPIRAN DEPAN b5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (651kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (400kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (639kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (233kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (441kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB)

Abstrak

Nama Etika Fitrotul Magfiroh, NIM 172042040, Judul “Manajemen Disiplin Dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri” (Studi Analisis di MAN 2 Kota Serang) Peningkatan hasil kerja guru merupakan titik sentral dalam peningkatan kualitas pendidikan karena guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan. Kinerja guru akan bermakna bila dibarengi dengan niat yang bersih dan ikhlas, serta selalu menyadari akan kekurangan yang ada pada dirinya, dan berupaya untuk meningkatkan atas kekurangan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kearah yang lebih baik. Oleh karenanya guru harus memiliki banyak kemampuan baik secara akademis maupun spiritual sebagai cerminan dan figur yang dapat ditiru oleh anak didik. Adapun rumusan dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana manajemen disiplin guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang? (2) Bagaimana manajemen kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang? (3) Bagaimana manajemen disiplin dan kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang? Tujuan dari penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui manajemen disiplin guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang, Untuk mengetahui manajemen kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang, Untuk mengetahui manajemen disiplin dan kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus di sekolah. Penelitian ini bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Serang. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Ketua Komite, Wakaur Kesiswaan, Wakaur Kurikulum, Wakaur Humas, Wakaur Sarana dan Prasarana, Kepala Labolatorium, Kepala Boarding School, Kepala Perpustakaan, Kepala Tata Usaha, dewan guru, wali murid dan siswa MAN 2 Kota Serang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen disiplin guru MAN 2 Kota Serang menunjukan manajemen yang baik ditandai adanya disiplin finger print, ketepatan jam mengajar, kewajiban membuat RPP, melaksanakan tugas-tugas tambahan dari Kepala Sekolah sehingga dapat mewujudkan visi dan misi sekolah, selanjutnya Manajemen kinerja guru dalam meningkatkan kinerja guru MAN 2 Kota Serang menunjukan peningkatan yang baik dengan dibuktikan penguasaan guru dalam bahan pelajaran, mendiagnosa tingkah laku siswa, melaksanakan proses pengajaran, dan pengukuran hasil belajar siswa secara optimal, sedangkan untuk manajemen disiplin dan kinerja guru dalam menigkatkan mutu MAN 2 Kota Serang sudah cukup baik dengan adanya beberapa tahapan pembinaan terhadap guru diantaranya melaksanakan MGMP, workshop, seminar, monitoring kinerja guru, program kerja, dan evaluasi. Semua tahapan tersebut dilaksanakan sebagai upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam aspek kinerja pedagogik, profesional, sosial dan religi. Namun untuk tetap menjaga kualitas dari mutu pendidikan harus terus ditingkatkan dan terus dimonitoring oleh kepala sekolah dalam mewujudkan cita-cita bangsa yakni mencerdaskan anak bangsa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci : Manajemen Mutu Pendidikan, Disiplin, Kinerja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Aug 2020 08:57
Perubahan Terakhir: 05 Aug 2020 08:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.