TERAPI ZIKIR BAGI PASIEN STROKE DAN KANKER(Studi Kasus di Rumah Sakit Sari Asih Kota Serang dan Rumah Sakit Krakatau Medika Kota Cilegon)

ATMIYANTI, KARINA (2017) TERAPI ZIKIR BAGI PASIEN STROKE DAN KANKER(Studi Kasus di Rumah Sakit Sari Asih Kota Serang dan Rumah Sakit Krakatau Medika Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (55kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
SIDANG%20SKRIPSI_KARINA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (473kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
KA-SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (626kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka KA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (152kB)

Abstrak

Setiap manusia tidak terlepas dari berpikir karena ia adalah makhluk yang dianugerahi akal pikiran. Hal inilah yang membedakan manusia dengan binatang. Namun ketika manusia merasa tertekan dan terus berpikir bahwa tidak dapat menghadapi keadaan yang dihadapinya, maka akan timbul stres. Stres adalah respon fisik, mental dan emosional berupa perasaan serta keadaan tidak nyaman dan tertekan akibat ketidakmampuan individu dalam menghadapi tuntutan-tuntutan yang dirasa mengancam kesejehteraan, baik dari dalam maupun luar diri individu. Stres yang negatif dapat memperparah penyakit yang diderita oleh pasien salah satunya yaitu penyakit stroke dan kanker. Berdasarkan latar belakang diatas dapat diangkat dua permasalahan pokok yaitu (1) bagaimana kondisi psikologis pasien yang menderita stroke dan kanker di Rumah Sakit Sari Asih Kota Serang dan di Rumah Sakit Krakatau Medika Kota Cilegon?, (2) bagaimana terapi zikir yang dilakukan bagi pasien stroke dan kanker di Rumah Sakit Sari Asih Kota Serang dan Rumah Sakit Krakatau Medika Kota Cilegon?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif dan penelitian pengamatan. Cara pengambilan data dengan menggunakan wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) kondisi psikologis pasien yang menderita stroke dan kanker di Rumah Sakit Sari Asih Kota Serang dan di Rumah Sakit Krakatau Medika Kota Cilegon, (2) gambaran terapi zikir yang dilakukan kepada pasien stroke dan kanker di kedua studi kasus. Peneliti menggunakan metode pengamatan dan menganalisis apakah terapi zikir tersebut dapat dikatakan terapi zikir atau belum berdasarkan sumber-sumber literatur dan pendapat para ahli. Untuk menangani stres pada pasien stroke dan kanker di kedua studi kasus ini menggunakan terapi zikir. Di Rumah Sakit Sari asih Kota Serang, pertama pasien dan keluarganya dibimbing untuk mengucapkan istighfar dan يا الله الشفاء beserta artinya sebanyak tiga kali kemudian membaca doa dilanjut dengan memberikan penguatan psikologis, sedangkan di Rumah Sakit Krakatau medika Cilegon yaitu pasien dan keluarganya diberi penguatan psikologis kemudian dibimbing untuk mengucapkan istighfar dan tasbih sebanyak tiga kali yang diakhiri dengan doa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): terapi zikir, pasien stroke dan kanker
Subjek: 200 Agama > 203 Public ibadah & praktek lainnya
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2017 14:56
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2017 14:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.