PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI (R&D di Kelas IV MI Raudhatul Ulum Kecamatan Cikande Kabupaten Serang)

Ambarwati, Siti Dewi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI (R&D di Kelas IV MI Raudhatul Ulum Kecamatan Cikande Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25kB)
[img] Teks
2 LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (470kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (516kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (760kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (699kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (153kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (266kB)

Abstrak

Siti Dewi Ambarwati. 152400884. 2019. Judul Skripsi: “Pengembangan Media komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi” (Reserch and Development di kelas IV MI Raudhatul Ulum) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media komik sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia materi karangan narasi pada kelas IV MI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reserch and Development/ R&D), yang mengacu pada pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi lima tahap yaitu: penelitian dan pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk dan uji coba produk. Media yang dikembangkan diuji kelayakan dengan validasi para ahli yakni ahli media dan ahli materi sebelum uji coba dilakukan. Uji coba dilakukan di MI Raudhatul Ulum dengan jumlah siswa 31 dan dikelompokkan menjadi lima kelompok, setiap kelompok terdiri dari enam sampai tujuh siswa. Masing-masing kelompok menyimak cerita yang kemudian masing-masing perwakilan dari kelompok menceritan kembali sesuai pada komik yang disediakan. Kemudian setiap siswa menuliskan kembali berbentuk karangan narasi pada lembar soal yang telah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,6 dengan katagori “sangat baik”, dan validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan katagori “sangat baik”. Hasil evaluasi siswa kelas IV yang didapat yaitu 83,8 dengan katagori “sangat baik”. Berdasarkan uji coba tersebut, media pembelajaran komik Bahasa Indonesia ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 08 Jul 2020 02:22
Perubahan Terakhir: 08 Jul 2020 02:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5277

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.