Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Zakat (Studi di MTs Negeri 1 Kota Serang)

Andriani, Dewi (2020) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Zakat (Studi di MTs Negeri 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (484kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (517kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (399kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (385kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (221kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dewi Andriani. NIM 152102001, judul skripsi Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Zakat (Studi di MTs Negeri 1 Kota Serang) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih yang disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang konvensional. Untuk mengatasi rendahnya keaktifan belajar siswa tersebut penulis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penggunaan model pembelajaran di MTs Negeri 1 Kota Serang, bagaimana keaktifan belajar siswa di MTs Negeri 1 Kota Serang, dan bagaimana efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 1 Kota Serang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Kota Serang, untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Kota. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan keilmuan, serta pemikiran yang bermanfaat, menjadi referensi untuk pembelajaran di kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten khususnya pada jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan juga untuk meningkatkan pengembangan ilmu pendidikan mengenai model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah hasil perolehan pengujian hipotesis menggunakan uji t, diperoleh nilai signifikan 2-tailed lebih kecil dari nilai taraf signifikasi 0,05 yakni 0,000 ≤ 0,05, maka Ha dapat diterima. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan posttest kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning (rata-rata 63), menunjukan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (rata-rata 55). Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning cukup efektif terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII A setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci: Model Problem Based Learning, Keaktifan Belajar, Fiqih
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 26 Jun 2020 03:43
Perubahan Terakhir: 26 Jun 2020 03:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.