Pengaruh jumlah Permintaan Terhadap Harga Gula Aren (Studi di KUB Mitra Mandala Sobang)

Fadliyah, Siti (2020) Pengaruh jumlah Permintaan Terhadap Harga Gula Aren (Studi di KUB Mitra Mandala Sobang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (251kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
lampiran DLL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (258kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB 2.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB)
[img] Teks
BAB 3.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (232kB)
[img] Teks
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (353kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (40kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (129kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Gula aren merupakan salah satu produk turunan aren yang memiliki nilai ekonomis tingggi dan prospek yang bagus untuk dikembangkan. Hal ini disebabkan karena jumlah permintaan gula aren tidak pernah menurun. Harga produk pertanian terutama yang berkaitan dengan kebutuhan pokok banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat baik secara social maupun secara politik. Produk gula aren dari tangan pengrajin yang dalam hal ini adalah pemilik industri gula aren, disetorkan kepada pengepul. Selanjutnya dari tangan pengepul akan disetorkan kepada pedagang di pasar lokal dan KUB Mitra Mandala. Gula aren dari tangan pengepul diolah lebih lanjut oleh K=UB Mitra Mandala hingga menghasilkan gula semut halus. Lalu produk tersebut akan disalurkan gula aren ke berbagai daerah. Dari latar belakang diatas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apakah jumlah permintaan mempengaruhi harga gula aren. Penelitian bertujuan untuk : 1) Untuk menganalisis pengaruh jumlah permintaan mempengaruhi harga gula aren. Penelitian ini dilaksanakan di KUB Mitra Mandala Sobang dengan jumlah 48 sampel dari laporan tahun 2015-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data : dokumentasi, penelitian kepustakaan, populasi dan sampel. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Uji Normalitas. 2) uji Heteroskedasdisitas 3) Uji Autokorelasi 4) Analisis Regresi Sederhana 5) Analisis Koefisien Korelasi 6) Koefisian determinasin 7) Uji Hipotesis Hasil penilitian menggunakan IBM Statistik SPSS 22, dapat disimpulkan bahwa variabel jumlah permintaan (X) berpengaruh negatif terhadap variabel harga (Y). Setelah pengujian dilakukan, diperoleh nilai t hitung sebesar 0,714. Dengan menggunakan uji dua pihak dengan tingkat signifikansi a=5%, maka didapat nilai t table sebesar 2,02190. Karena nilai t hitungh 0,714 > nilai t table 2,01290, maka Ho diterima dan H1 diterima. Artinya jumlah permintaan berpengaruh negatif terhadap harga gula aren

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci : Jumlah Permintaan dan Harga
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 331 Buruh ekonomi
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 339 Ekonomi Makro & topik terkait
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Jun 2020 06:18
Perubahan Terakhir: 25 Jun 2020 06:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5264

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.