Gunawan, Agam (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX-B SMPN 3 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (175kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI-DAFTAR ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (516kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (256kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB 2.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (335kB) |
||
Teks
BAB 3.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (286kB) |
||
Teks
BAB 4.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (943kB) |
||
|
Teks
BAB 5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (186kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA .pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (247kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Agam Gunawan. 161210074. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX-B SMPN 3 Kota Serang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk berbentuk Website pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Kota Serang, dengan pengambilam cluster sampling daerah yaitu pada kelas IX-B yang berjumlah 34 siswa dengan informan penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket, observasi dan studi dokumenter. Analisis data yang merujuk pada model Borg&Gall. Langkah analisis meliputi 5 tahap, yaitu: penelitian pendaluan dan pengumpulan informasi awal, pengembangan draf produk, uji pelaksanaan lapangan (uji validasi), penyempurnaan produk akhir (revisi produk), desiminasi dan sosialisasi produk (uji coba produk). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai kategori “sangat baik” dengan skor rata-rata nilai siswa mencapai 7,84 dengan presentase 91,25%. Dalam presentase rata-rata respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis website, yaitu mencapai 88% dengan kategori “sangat baik”. Berarti media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran Pendidikan agama islam untuk peserta didik kelas IX-B yang dikembangkan oleh peneliti sudah layak menjadi media pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penerapan media pembelajaran ini membuat siswa menjadi lebih aktif dalam melakukan pembelajaran. Siswa berpendapat bahwa media pembelajaran berbasis website ini sangat positif dan ada nya media ini membuat siswa lebih tertarik menggunakan teknologi yang bisa di manfaatkan untuk kepentingan pendidikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di dalam kelas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mengembangkan, Penelitian, Model, Sangat Baik |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 18 Jun 2020 04:09 |
Perubahan Terakhir: | 18 Jun 2020 04:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5242 |
Actions (login required)
Lihat Item |