Penerapan Pendekatan Individual Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Bacaan Shalat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di Kelas VII SMP Khairul Huda Kaloran Kota Serang)

Husna, Nabihatul (2020) Penerapan Pendekatan Individual Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Bacaan Shalat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di Kelas VII SMP Khairul Huda Kaloran Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
coper.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (75kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (287kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (245kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (185kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (250kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nabihatul Husna. NIM: 142101938. Penerapan Pendekatan Individual Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Bacaan Shalat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di Kelas VII SMP Khairul Huda Kaloran Kota Serang). Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana penerapan pendekatan individual pada siswa, bagaimana kesulitan membaca bacaan shalat yang dialami siswa, dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca bacaan shalat pada siswa kelas VII di SMP Khairul Huda Kaloran Kota Serang. Sejalan dengan rumusan masalah yang telah dibuat maka tujuan penelitiannya adalah mengetahui penerapan pendekatan individual pada siswa, mengetahui kesulitan membaca bacaan shalat yang dialami siswa, dan mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca bacaan shalat pada siswa kelas VII di SMP Khairul Huda Kaloran Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek dari penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, orang tua dan 2 orang dari kelas VII SMP Khairul Huda Kaloran Kota Serang. Dan instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan kesulitan yang dialami siswa adalah sulitnya siswa dalam mengingat huruf-huruf hijaiyah sehingga mereka kesulitan dalam membaca bacaan shalat. Guru pun melakukan pendekatan secara individu kepada siswa agar tetap mau belajar dengan giat dan sering melakukan evaluasi secara individu kepada seiswa yang mengalami kesulitan membaca. Dari kepala sekolah memberikan mata pelajaran pengayaan dan pembiasaan. Berdasarkan penelitian yangdiperoleh, kesulitan membaca bacaan shalat siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi shalat berjamaah berkurang setelah diimplementasikannya pendekatan individual pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Simpulan dari penelitian ini yaitu: usaha yang dilakukan guru sudah cukup baik, guru menerapkan pendekatan individual untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca. Kesulitan yang dialami siswa yaitu sulit mmebedakan huruf yang satu dengan yang lainnya dan kesulitan memahami perubahan bentuk huruf hijaiyah bersambung. Penyebabnya dikarenakan sulitnya dalam mengingat dan rendahnya motivasi yang dimiliki siswa. Namun guru tetap meberikan dorongan agar siswa tetap semangat belajar. Guru mengevaluasi siswa, membicarakannya dengan kepala sekolah dan berkomunikasi dengan wali murid.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci : mengatasi, kesulitan, membaca, pendekatan dan individu
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Jun 2020 02:25
Perubahan Terakhir: 18 Jun 2020 02:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5238

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.