KONSELING CLIENT CENTERED UNTUK KEMANTAPAN VISI PERNIKAHAN PADA MAHASISWI(Studi Kasus di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

MAMNU'AH, ENOK (2017) KONSELING CLIENT CENTERED UNTUK KEMANTAPAN VISI PERNIKAHAN PADA MAHASISWI(Studi Kasus di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (185kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (490kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (219kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (612kB)

Abstrak

Pada zaman sekarang, jarang sekali menemukan pasangan menikah tanpa berpacaran, banyak diantara muda-mudi saat ini berpacaran sebelum kepada jenjang pernikahan, akan tetapi banyak pula muda-mudi yang berpacaran cukup lama namun tidak mempunyai visi atau tujuan untuk pernikahan dan ada juga yang mempunyai visi namun banyak hambatan yang dialaminya sehingga kurang memantapkan visinya. Fungsi dari visi pernikahan ini agar terjalinnya keharmonisan dalam berumah tangga kelak serta dapat berkomitmen untuk masa depan bersama orang yang dicintai. Maka dari itu butuhnya visi pernikahan pada masa sebelum jenjang pernikahan atau masa berpacaran, khususnya pada masa dewasa awal (mahasiswa/i) tingkat akhir. Berdasarkan uraian di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian Konseling Client Centered Terhadap Visi Pernikahan Pada Mahasiswa Berpacaran ini adalah : 1). Bagaimana gambaran visi pernikahan pada mahasiswa berpacaran? 2). Bagaimana penerapan konseling Client Centered tehadap visi pernikahan pada mahasiswa berpacaran? 3). Bagaimana dampak konseling Client Centered pada klien? Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1).Untuk mengetahui visi pernikahan pada mahasiswa berpacaran 2). Untuk mengetahui bagaimana penerapan dan langkah-langkah konseling Client Centered. 3). Untuk mengetahui dampak konseling Client Centered pada klien. Penelitian ini dilaksanakan di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan berbasis kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang dikumpulkan tersebut dianalisis dengan cara mengorganisasikan ke dalam unit-unit bab dan sub-sub bab peneliti sehingga penulis mencapai kesimpulan yang mudah. Berdasarkan hasil wawancara dengan responden, ada dua jenis gambaran responden yaitu, responden yang memiliki visi pernikahan dan responden yang tidak memiliki visi pernikahan. Di lihat dari jenis hubungan berpacaran yang serius dan tidak serius. Adapun penerapan konseling Client Centered yakni ada beberapa tahapan 1). Tahap attending 2). Tahap menjaga 3). Tahap mendengarkan aktif 4). Tahap pengungkapan masalah 5). Tahap penutup 6). Tahap kesimpulan. Selama melakukan konseling Client Centered berdampak positif bagi klien.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): visi pernikahan; KONSELING CLIENT CENTERED
Subjek: 2x4 Fiqh
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2017 14:56
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2017 14:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.