Kurnia, Kholifatul (2020) Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Dongeng Khan Yang Kena Batunya (Pre-Eksperimen Di Kelas III SD Negeri Legok III Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (18kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
lampiran depan skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (222kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I nia.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (33kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II nia.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (116kB) |
||
Teks
BAB III nia.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (298kB) |
||
Teks
BAB IV nia.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (114kB) |
||
|
Teks
BAB V nia.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (16kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (24kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama Kholifatul Kurnia. NIM : 152400837. Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Dongeng Khan Yang Kena Batunya. “(Pre-Eksperimen Di Kelas III SD Negeri Legok III Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam materi memahami isi dongeng dikarenakan kurang fokus dan minat siswa terhadap materi pelajaran serta pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif dan sulit memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Legok III pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi memahami isi dongeng. Metode Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri Legok III berjumlah 24 siswa dengan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dan analisis data dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh nilai ratarata pretest sebesar 56,08 dan setelah diberikan perlakuan (treatment) diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 72,54. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t pada pretest dan posttest diperoleh thitung sebesar 5,032 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikansi 5% adalah 2,069. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel =5,032 > 2,069 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Legok III pada materi memahami isi dongeng.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci: Role Playing, Hasil Belajar, Memahami Isi Dongeng. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 10 Mar 2020 01:58 |
Perubahan Terakhir: | 10 Mar 2020 01:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5212 |
Actions (login required)
Lihat Item |