PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi di Kelas VIII MTs Se-Kecamatan Cigeulis, Pandeglang)

Maswadi, Maswadi (2020) PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi di Kelas VIII MTs Se-Kecamatan Cigeulis, Pandeglang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover tesis.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (520kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab 1 Maswadi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (397kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
Bab 2 Maswadi.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (768kB)
[img] Teks
Bab 3 Maswadi.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (598kB)
[img] Teks
Bab 4 Maswadi.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (411kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab 5 Maswadi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (169kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (234kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Maswadi, NIM. 162010009, Pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang). TESIS. Serang: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasasnuddin Banten, 2018. Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat ketercapaian kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa, 2) tingkat ketercapaian motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah se- Kecamatan Cigeulis; 3) tingkat ketercapaian prestasi belajar Qur’an Hadits; 4) pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits; 5) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits; 6) pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian adalah survei kuantitatif menggunakan analisis korelasional dan regresional. Populasi berjumlah 256 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan proporsional. Sampel sebanyak 77 orang siswa. Data variabel kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan prestasi belajar Al-Qur’an hadits diperoleh melalui tes hasil belajar, sedangkan data motivasi belajar melalui angket. Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan Alpha Cronbach.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tingkat kemampuan baca tulis Al-Qur’an adalah sedang mencapai 61,56%; kedua, tingkat motivasi belajar adalah tinggi mencapai 86,90%; ketiga, tingkat prestasi belajar adalah sedang mencapai 58,85%; keempat, terdapat pengrauh positif dan signifikan kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits, kontribusi kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits sebesar 41%; kelima, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits, kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits sebesar 16%; keenam, terdapat pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits, kontribusi kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 36%. Peningkatan prestasi belajar Qur’an Hadits dapat dilakukan melalui peningkatan kegiatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan motivasi belajar peserta didik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci : Kemampuan baca tulis Al-Qur’an, Motivasi belajar, Prestasi belajar Qur’an Hadits
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 17 Feb 2020 06:39
Perubahan Terakhir: 17 Feb 2020 06:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5112

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.