PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (StudiEksperimen di MTsN 3 Pandeglang)

FATONAH, SITI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (StudiEksperimen di MTsN 3 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (127kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK BUNDA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (192kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II BUN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (387kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III REVISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (476kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS REVISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (144kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII A di MTsN 3 Pandeglang. Hal ini dikarenakan pemilihan model pembelajaraan yang kurang tepat. Numbered Head Together atau penomoran berfikir bersama merupakan jenis pembelajaran kooperative yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa untuk aktif bila di terapkan di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI sebelum m enggunakan mode l pembelajaran numbered head toget he r di MTsN 3 Pandeglang? 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran n umber ed h ead t ogether terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Pandeglang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI sebelum meng gunakan model pembelajaran numbered head t ogether.di MTsN 3 Pandeglang 2) Untuk mengetah ui pengaruh model pembelajaran numbered head together terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebuday aan islam di MTsN 3 Pandeglang. Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah 1) Kegunaan teoritis 2) Kegunaan praktis. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Pandeglang dengan jumlah sampel 42 orang dari populasi 213 orang. Populsi d iambil dari keseluruhan siswa kelas VII MTsN 3 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data angket. Hasil penelitian ini diketahui t_hitung 2,548 lebih besar dibandingkan dengan nilai t_tabel denga n taraf signifikansi 5% adalah 1,68288. Sebagaimana ketentuan dari rumusan uji hipotesis, jika nilai t hitung > t tabel, maka dalam penelitian pengaruh model pembelajaran numbered head together terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI Hipot esis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran numbered head together mempunyai pengaruh terhadap keaktifan belajar SKI siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Belajar Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2017 14:55
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2017 14:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.