TEKNIK PERKUATAN POSITIF UNTUK MEMBANGUN EFIKASI DIRI ANAK ( Studi kasus di SDN Samparwadi 2 Kp.Samparwadi Kec.Tirtayasa Kab.Serang Prov. Banten)

DINI, ISTI AYU (2017) TEKNIK PERKUATAN POSITIF UNTUK MEMBANGUN EFIKASI DIRI ANAK ( Studi kasus di SDN Samparwadi 2 Kp.Samparwadi Kec.Tirtayasa Kab.Serang Prov. Banten). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (383kB)
[img] Teks (LAMPIRAN AWAL SKRIPSI)
Lampiran awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (601kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (295kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB)

Abstrak

Setiap anak adalah unik, p ada dasarnya anak memiliki kemampuan yang berbeda dalam hal menangkap respon dari luar, ada anak yang cepat menangkap respon, tetapi t idak sedikit pula yang lambat. K arena itulah peran orang t ua diangap penting dalam hal mendidik anak. J ika anak memiliki efikasi diri rendah hal itu disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orang tua dan memaksakan ke hendaknya dalam mendidik anak. A nak akan merasa tertekan terhadap tuntutan orang tuanya, sehingga menjadikan anak bertingkah laku maladaptif. Dari latar belak ang di atas terdapat be berapa pertanyaan di antaranya: 1) B agaimana perilaku siswa yang me miliki efikasi di ri rendah, 2) Bagaimana p enerapan tekni k perkuatan pos itif terhadap efikasi diri siswa, 3) Bagaimana dampak penerapan teknik perkutan positif. Penelitian ini bertujuan: 1) U ntuk mengetahui bagaimana p e rilaku siswa yang memi liki efikasi diri rendah, 2) M engetahui penerapan teknik perkuatan postif terhadap siswa ya ng memiliki efikasi diri rendah, 3) Untuk mengetahui dampak dari penerapan teknik pe rkuatan positif. P enelitian ini dilaksanakan d i SDN Samparwadi 2 Kec. T irtayasa dengan subjek penelitian 5 siswa SDN Samparwadi 2 Kec. Tirtayasa. J enis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbas is pada penelitian kualitatif. A dapun teknik pengumpulan data yang digunakan adala h observasi, wawancara, dan kep ustakaan. S elain melakukan penelitian, peneliti juga melakukan treat ment konseling melalui pendekatan teknik perkuatan positif untuk membangun efikasi diri anak. P enelitian ini memperliha t kan bahwa siswa yang mengaku kurang perhatian orang tua dan memiliki efikasi diri rendah memang berp e rilaku maladaptif . Ti ngkah laku maladaptif tersebut antara lain, tidak yakin terhadap kemampuan sendiri, bergantung kepada orang lain (menco n tek), tidak disiplin, tertekan dan pemalu. T ingk ah laku maladaptif tersebut mampu menyebabkan para siswa merasa minder dengan kemampuan yang dimiliki. D an tidak mampu bersaing dengan teman - teman yang berprestasi. P enelitian ini juga mep e rlihatkan bahwa pro ses konseling melalui penerapan teknik perkuatan positif berjalan dengan baik dan mampu mengatasi masalah - masalah yang dialami siswa - siswi yang memiliki efikasi diri rendah .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): EFIKASI DIRI ANAK
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2017 14:55
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2017 14:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.