Dini, Isti Ayu (2017) Teknik Perkuatan Positif untuk Membangun Efikasi Diri Anak (Studi Kasus di SDN Samparwadi 2 Kp. Samparwadi Kec. Tirtayasa Kab. Serang Prov. Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (383kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN AWAL SKRIPSI)
Lampiran awal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (601kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (295kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (214kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (269kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Setiap anak adalah unik, p ada dasarnya anak memiliki kemampuan yang berbeda dalam hal menangkap respon dari luar, ada anak yang cepat menangkap respon, tetapi t idak sedikit pula yang lambat. K arena itulah peran orang t ua diangap penting dalam hal mendidik anak. J ika anak memiliki efikasi diri rendah hal itu disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orang tua dan memaksakan ke hendaknya dalam mendidik anak. A nak akan merasa tertekan terhadap tuntutan orang tuanya, sehingga menjadikan anak bertingkah laku maladaptif. Dari latar belak ang di atas terdapat be berapa pertanyaan di antaranya: 1) B agaimana perilaku siswa yang me miliki efikasi di ri rendah, 2) Bagaimana p enerapan tekni k perkuatan pos itif terhadap efikasi diri siswa, 3) Bagaimana dampak penerapan teknik perkutan positif. Penelitian ini bertujuan: 1) U ntuk mengetahui bagaimana p e rilaku siswa yang memi liki efikasi diri rendah, 2) M engetahui penerapan teknik perkuatan postif terhadap siswa ya ng memiliki efikasi diri rendah, 3) Untuk mengetahui dampak dari penerapan teknik pe rkuatan positif. P enelitian ini dilaksanakan d i SDN Samparwadi 2 Kec. T irtayasa dengan subjek penelitian 5 siswa SDN Samparwadi 2 Kec. Tirtayasa. J enis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbas is pada penelitian kualitatif. A dapun teknik pengumpulan data yang digunakan adala h observasi, wawancara, dan kep ustakaan. S elain melakukan penelitian, peneliti juga melakukan treat ment konseling melalui pendekatan teknik perkuatan positif untuk membangun efikasi diri anak. P enelitian ini memperliha t kan bahwa siswa yang mengaku kurang perhatian orang tua dan memiliki efikasi diri rendah memang berp e rilaku maladaptif . Ti ngkah laku maladaptif tersebut antara lain, tidak yakin terhadap kemampuan sendiri, bergantung kepada orang lain (menco n tek), tidak disiplin, tertekan dan pemalu. T ingk ah laku maladaptif tersebut mampu menyebabkan para siswa merasa minder dengan kemampuan yang dimiliki. D an tidak mampu bersaing dengan teman - teman yang berprestasi. P enelitian ini juga mep e rlihatkan bahwa pro ses konseling melalui penerapan teknik perkuatan positif berjalan dengan baik dan mampu mengatasi masalah - masalah yang dialami siswa - siswi yang memiliki efikasi diri rendah .
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 16 Mei 2017 14:55 |
Perubahan Terakhir: | 02 Apr 2024 03:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/503 |
Actions (login required)
Lihat Item |