SARI, SAFLINA (2017) Implementasi Metode dan Evaluasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif al-Qur’an pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rangkas Bitung. Tesis. Banten: Program Pascasarjana Fakultas Tarbiyyah IAIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten. Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
ABSTRAK-TESIS-PAI-OK_SAFLINA SARI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (350kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR-PUSTAKA-TESIS_SAFLINA SARI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (250kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
TESIS-PAI-BAB-1-5-LENGKAP_SAFLINA SARI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Implementasi metode dan evaluasi Pendidikan Agama Islam dalam perspektif al-Qur’an, asumsi Penulis menunjukkan perbandingan yang tidak valid antara praktek dan teori. Dengan demikian, masalah implementasi metode dan evaluasi pembelajaran PAI perlu dianalisis secara teliti dan mendalam. Hasil penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi implementasi metode dan evaluasi Pendidikan Agama Islam dalam perspektif al-Qur’an di SMP Negeri 1 Rangkas Bitung. Peneliti menggunakan 3 (Tiga) macam teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pendekatan dan tipe penelitian yang di gunakan dalam bentuk kualitatif dengan mengikuti pola pemikiran empirical induktif. Populasi penelitian adalah warga SMP Negeri 1 Rangkas Bitung. Sampel penelitian merupakan orang yang sengaja di pilih berdasarkan purposive sampling, yaitu relevan dengan sumber data atau informasi dan mempunyai relevansi dengan topik penelitian. Fokus penelitian adalah implementasi metode dan evaluasi PAI dalam perspektif al-Qur’an, subjek penelitian adalah peserta didik SMP Negeri 1 Rangkas Bitung, dengan hasil penelitian sebagai berikut : 1. Dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rangkas Bitung, pengembangan silabus dilakukan oleh guru secara mandiri di bawah supervisi dari Kepala Sekolah, dan dinas pendidikan kabupaten Lebak yang bertanggung jawab di bidang pendidikan untuk SMP. 2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mata pelajaran PAI ; RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. 3. Metode yang digunakan untuk setiap materi pelajaran menggabungkan beberapa metode seperti metode diskusi dan ceramah, dan implementasinya sering menggunakan metode diskusi dan metode kerja kelompok dengan beberapa metode yang lainnya yang sesuai dengan materi yang akan di ajarkan, beberapa metode yang diimplementasikan menurut observasi penulis adalah sebagai berikut; Metode problem solving, metode kerja kelompok, Metode tanya jawab, dan lain-lain. 4. Evaluasi pembelajaran difokuskan penilaian pada keberhasilan belajar peserta didik dalam mencapai standar kompetensi yang ditentukan. Meliputi, pada tingkat mata pelajaran PAI, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Untuk tingkat satuan pendidikan, kompetensi yang harus dicapai peserta didik adalah SKL. Hasil evaluasi pembelajaran PAI untuk siswa SMP 1 Rangkas Bitung secara keseluruhan menunjukkan baik karena hasil akhir yang diperoleh peserta didik berada di atas batas minimal kelulusan 65%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik bisa dikatakan sudah menguasai materi dan tujuan daripada PAI SMP terlaksana. Adapun hasil dari ulangan harian dan tugas bertujuan untuk mengetahui tingkat pengusaan bahan ajar siswa serta sebagai bahan acuan pendidik untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Sedangkan hasil evaluasi dari mid dan semester digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran selama satu semester, dengan tujuan untuk mengambil keputusan selanjutnya baik sebagai bahan nilai rapor maupun sebagai dasar untuk memperbaiki kinerja pendidik. Hasil evaluasi ini tidak hanya bermanfaat bagi pendidik, melainkan juga bermanfaat bagi peserta didik sebagai dasar untuk meningkatkan prestasi, dan juga berguna bagi orang tua maupun instansi sendiri. 5. Faktor yang mendukung implementasi metode dan evaluasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rangkas Bitung adalah anak didik memiliki motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, guru dan teman sebaya memotivasinya dalam belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta anak didik memiliki minat belajar. Dan Faktor-faktor penghambat dari implementasi metode dan evaluasi PAI dalam perspektif al-Qur’an di SMP Negeri 1 Rangkas Bitung terutama pada sarana dan prasarana untuk implementasi Pendidikan Agama Islam yang minim, motivasi ekstrinsik (sarana dan prasarana) dari sekolah kurang tersedia untuk menunjang pelaksanaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, disiplin belajar anak didik kurang dalam belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode dan Evaluasi Pendidikan |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 08 Mei 2017 05:02 |
Perubahan Terakhir: | 08 Mei 2017 05:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/496 |
Actions (login required)
Lihat Item |