Musoffa, Musoffa (2020) Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah (Studi terhadap Pengawasan Bidang Sarana Prasarana di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Musoffa, NIM: 162040011, Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah (Studi terhadap Pengawasan Bidang Sarana Prasarana di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak) Pengawas madrasah merupakan salah satu elemen yang berperan penting dalam meningkatan kemampuan kerja personil madrasah terutama dalam hal pengelolaan madrasah. Salah satu tugas pengawas madrasah adalah untuk mengendalikan pengelolaan madrasah yang dilakukan melalui pelaksanaan supervisi manajerial. Tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk mendapat gambaran pelaksanaan supervisi manajerial bidang sarana prasarana yang dilaksanakan pengawas madrasah pada Madrasah Ibtidaiyah swasta di Kecamatan Cigemblong Kabupatena Lebak. Kedua, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung serta hasil yang dicapai dalam pelaksanaan supervisi manajerial bidang sarana prasarana oleh Pengawas MI di Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek penelitian ini adalah Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Cigemblong, para Kepala Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak dan pihak-pihak lain yang dianggap berkepentingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Cigemblong sudah melakukan kegiatan supervisi manajerial bidang sarana prasarana sesuai regulasi yang ada, namun masih belum maksimal. Faktor penghambat supervisi manajerial bidang sarana prasarana, yaitu rendahnya SDM Kepala Madrasah binaan, sarana prasarana yang ada jauh dari standar yang diharapkan, dan minimnya anggaran untuk pengembangan sarana prasarana. Selain itu, lokasi madrasah yang sulit dijangkau menghambat pengawas untuk melakukan supervisi ke madrasah binaan sehingga jadwal supervisi sering tidak tepat waktu. Sementara faktor pendukungnya adalah tingginya antusiasme masyarakat setempat terhadap pendidikan agama dan kemampuan komunikasi pengawas yang baik, sehingga para kepala madrasah bersikap kooperatif terhadap pengawas sehingga terjalin hubungan yang baik. vi Hasil yang telah dicapai dari program pengawasan di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak antaralain: Adanya peningkatan kelengkapan sarana ruang kelas baru dari masing-masing Madrasah Ibtidaiyah binaan, peningkatan kompetensi kepala madrasah yang berimbas kepada peningkatan kinerja kepala madrasah. Kata Kunci : Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Public policy issues in education |
Divisi: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 07 Jan 2020 07:04 |
Perubahan Terakhir: | 07 Jan 2020 07:04 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4888 |
Actions (login required)
Lihat Item |