Sejarah Dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Mathla’ul Anwar Menes Pandeglang Dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Islam Di Provinsi Banten.

Rustandi, Rustandi (2019) Sejarah Dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Mathla’ul Anwar Menes Pandeglang Dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Islam Di Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB)
[img] Teks
2. HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (612kB)
[img] Teks
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (394kB)
[img] Teks
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (686kB)
[img] Teks
5. BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (255kB)
[img] Teks
6. BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (433kB)
[img] Teks
7. BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (209kB)
[img] Teks
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB)

Abstrak

Rustandi. NIM. 172011057. Sejarah Dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Mathla’ul Anwar Menes Pandeglang Dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Islam Di Provinsi Banten. Munculnya nama Mathla’ul Anwar dengan lambang bulan sabit berkaki empat di menes pada tahun 1916 itu tidak terlepas dari gagasan pendirinya. KH. Mas Abdurrahman namanya memang tak setenar KH. Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah) dan KH. Hasyim asy’ari (pendiri Nahdlatul Ulma). KH. Mas Abdurrahman berperan penting dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia terutama di wilayah Banten. Naiknya gelombang nasionalisme di Indonesia yang ditandai dengan berdirinya berbagai organisasi sosial, serta derasnya pengaruh pembaruan dunia Islam pada saat itu, banyak orang-orang terpelajar yang bermukim di luar negri kembali ke tanah air. Terdapat benang hijau yang mempersatukan keinginan yang suci dan tulus dengan segala upaya untuk membantu rakyat Indonesia yang tertindas di bawah kekuasaan Kolonial Belanda agar mendapat pendidikan dalam upaya mencerdaskan bangsanya. Hingga kini perguruan Mathla’ul Anwar masih berdiri kokoh dan sudah menyebar ke berbagai penjuru nusantara. Mathla’ul Anwar menjadi sorotan masyarakat Menes. Banyak yang mempertanyakan bangaimanakah Mathla’ul Anwar berkiprah khususnya pada bidang pendidikan yang berkaitan dengan sejarah dan nilai pendidikan Islam serta kontribusinya yang dapat dirasakan oleh masyarakat Menes Pandeglang. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan rumusan masalah bagaimanakah sejarah pendidikan Islam Mathla’ul Anwar, bagaimanakah nilai pendidikan Islam Mathla’ul Anwar dan bagaimanakah kontribusi Mathla’ul Anwar. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Sejarah Pendidikan Islam Mathla’ul Anwar, 2) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam Mathla’ul Anwar dan 3) untuk mengetahui kontribusi Mathla’ul Anwar terhadap dunia pendidikan khususnya di wilayah Banten. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini berbasis kepada sebuah kualitas atau mutu akan obyek tertentu. Yaitu data yang dikumpulkan dari berbagai sumber itu, berasal dari wawancara, kajian pustaka (kualitatif deskriptif) dan dokumen-dokumen resmi lainnya yang mendukung. Hasil penelitian ini menyatakan bahawa, 1) Sejarah pedidikan Islam Mathla’ul Anwar muncul di Menes pada tanggal 10 Syawal 1334 H bertepatan dengan 9 Agustus 1916. 2) Nilai-nilai pendidikan Mathla’ul Anwar adalah ketaqwaan kepada Allah SWT, pendidikan karakter, spritual, kedisiplinan, etika dan moral, sosial masyarakat, penerapan pancasila, pemikiran moderat dan rasional dan keterampilan. 3) kontribusi Mathla’ul Anwar terhadap dunia pendidikan khususnya di wilayah Banten adalah Membangun Lembaga-lembaga Pendidikan Dasar, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah atau Sekolah Menengah Atas, Universitas Mathla’ul Anwar, memepersiapkan tenaga-tenaga pendidikan yang berkompeten dan berkualitas, menyelenggarakan pendidikan vi yang ekonomis dan bermutu, mendirikan masjid sebagai sarana beribadah dan membangun masyarakat yang peduli dengan keadaan lingkungan sosial. Kata Kunci: Sejarah, Nilai Pendidikan Islam dan Mathla’ul Anwar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 26 Des 2019 07:40
Perubahan Terakhir: 26 Des 2019 07:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4860

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.