Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). dalam Penilaian Psikomotor Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI )( Studi Kasus Kelas XI SMT 1 Di SMA Negeri 1 Wanasalam Kab. Lebak Tahun Pelajaran 2015/2016)

RIFA'I, PARID (2017) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). dalam Penilaian Psikomotor Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI )( Studi Kasus Kelas XI SMT 1 Di SMA Negeri 1 Wanasalam Kab. Lebak Tahun Pelajaran 2015/2016). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
Lampiran Tesis (pakai).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (391kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB I-V (anu benar Dr Muhajir).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (831kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) m e rupakan salah satu wujud reformasi pendidikan yang memberikan otonomi pada sekolah dan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi,tuntutan dan kebu t uhan masing - masing sekolah . Pendidikan Agama Islam (PAI) secara umum dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman siswa tentang agama Islam sehinga menjadi pribadi muslim yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, B erbangsa dan B ernegara. P elajaran pendidikan agama I slam di sekolah lebih mengutamakan penilaian kognitif daripada penilaian psikomotor terhadap peserta didik di kelas. Hal ini menunjukan penilaian psikomotor dianggap tidak memiliki arti atau tidak berguna untuk perkembangan masa depan peserta didik. 1) Bentuk penila ian psikomotor Pendidikan agama islam ( P AI) dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTS P )di SMANegeri 1 Wanasalam. 2) (instrumen) p enilaian psikomotor Pendidikan Agama Islam ( P AI) dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTS P ) di SMA Negeri 1 Wanasa lam 3). P enskoran penilaian psikomotor Pendidikan Agama Islam ( P AI) dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan(KTS P ) di SMA Negeri 1 Wanasalam. Tujuan penelitian yaitu:1) Untuk mengetahui bentuk penilai an psikomotor Pendidikan agama Islam ( P AI) dalam kuri kulum tingkat satuan pendidikan (KTS P ) di SMANegeri 1 Wanasalam. 2).Untuk mengetahui (instrumen) penilaian psikomotor Pendidikan Agama Islam ( P AI) dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTS P ) di SMA Negeri 1 Wanasalam.3) Untuk mengetahui penskoran penilaian psikomotor Pendidikan Agama Islam ( P AI) dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTS P ) di SMA Negeri 1 Wanasalam.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Pemilihan subyek dilakukan dengan purposif sampling yaitu guru pendi dikan Agama Islam dan siswa kelas XI SMA Negeri1 Wanasalam. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi,observasi. Proses analisis data yaitu: reduction,data display dan verification . Hasil penelitian, sebagai berikut 1 ). Pelaksanaannya penilaian psikomo tor Pendidikan Agama Islam diantaranya : penilain kinerja, p royek, produk dan portofolio.2) Cara membuat instrumen penilaian psikomotor Pendidik an Agama Islam (PAI) dalam implementasi kurik ulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMAN 1 Wanasalam antara lain menggunakan kriteria : baik, cukup dan kurang. 3) Penskoran penilaian psikomotor Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam implementasi kurikulum tingkat sa tuan pendidikan (KTSP) di SMAN 1 Wanasalam yaitu: Dari 230 siswa mendapat nilai baik sebesar 53,37%, nilai cukup sebesar 39,89% dan nilai kurang sebesar 6,74% Berdasarkan hasil temuan penelitian diatas, pendidikan agama I slam memilki bentuk penilaian yang bervariasi teru tama aspek psikomotor diantaranya : unjukkerja, proyek, produk dan psikomotor. a). Siswa dapat melatih keterampilan, kreatifitas, ketelitian serta meningkatkan kerajinan dan kerjasamanya b). Siswa lebih vi berani berkarya dan berinovasi yang lebih kreatif dan menarik c).Dengan praktek siswa lebih mudah mengingat materi Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Penilaian, kinerja, proyek, produk dan portofolio
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2017 05:01
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2017 05:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.