KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA BARU (Studi Deskriptif dan Kualitatif Kemampuan Penyesuaian Diri Akademik Mahasiswa Baru Alumni SMA/SMK Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

URIFAH, NIKEN RETNO (2017) KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA BARU (Studi Deskriptif dan Kualitatif Kemampuan Penyesuaian Diri Akademik Mahasiswa Baru Alumni SMA/SMK Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (68kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (256kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (352kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (284kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB)

Abstrak

Perguruan tinggi memiliki karakteristik yang berbeda dengan SMA ataupun SMK, tentunya juga memiliki tuntutan yang berbeda. Perguruan tinggi melibatkan struktur yang lebih besar dan impersonal, serta lebih berfokus pada prestasi dan cara pencapaiannya. Transisi siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) menuju Perguruan Tinggi merupakan masa transisi sekolah yang lebih kompleks dibandingkan masa transisi sekolah sebelumnya karena masa transisi siswa dari Sekolah Menengah atas (SMA) menuju Perguruan Tinggi seringkali mengakibatkan perubahan dan stres. Permasalahan yang timbul sebagai akibat dari masa transisi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) menuju Perguruan Tinggi lebih banyak dialami oleh mahasiswa, terutama mahasiswa yang berada pada tahun pertama perkuliahan. Dari latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penyesuaian diri mahasiswa pada saat mengurus administrasi akademik?, 2) Bagaimana penyesuaian diri mahasiswa pada saat belajar di kelas?, 3) Bagaimana penyesuaian diri mahasiswa dalam ujian? Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui penyesuaian diri mahasiswa pada saat mengurus administrasi akademik, 2) Untuk mengetahui penyesuaian diri mahasiswa pada saat belajar di kelas, 3) Untuk mengetahui penyesuaian diri mahasiswa dalam ujian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif analitis, yaitu dengan menggambarkan subyek dan obyek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: penyesuaian diri Responden dalam mengurus akademik tidak mengalami kendala, kalaupun ada yang tidak mengerti responden bertanya pada teman yang biasa menggunakan internet (online) dalam mengurus administrasi akademik. Penyesuaian diri responden pada saat belajar di kelas mengalami sedikit kendala karena belum terbiasa dengan pola belajar di kampus dan masih terbiasa dengan sistem belajar di SMA, namun demikian dapat dikatakan baik karena responden mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan cara menyimak mata kuliah yang diajarkan, membaca buku, dan membuat catatan materi yang sekiranya penting, sehingga responden terbiasa dengan pola belajar di kampus. Upaya yang dilakukan Responden untuk menyesuaikan diri dengan ujian di Kampus dengan cara mengulangi pelajaran kembali dilakukan rutin setiap hari, seperti mempelajari buku-buku wajib, catatan perkuliahan, menyesuaikan dengan pokok bahasan yang telah digariskan dalam silabus setiap matakuliah serta menyimpulkan literatur-literatur yang telah dibaca.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemampuan Penyesuaian Diri
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2017 05:01
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2017 05:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.