Sumirat, Mirna Cahya (2019) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di Mts Nurul Islam Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama : Mirna Cahya Sumirat, Nim : 152101982, judul skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di Mts Nurul Islam Kota Serang) Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa di MTs Nurul Islam Kota Serang berdasarkan observasi lapangan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mencoba alteratif model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran Team Asissted Individualizatin (TAI) dipilih karena dapat mengarahkan siswa bekerja secara berkelompok dan tetap fokus pada pengembangan potensi individu siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI); (2). Metode penelitian yang diguakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontrol tidak ekivalen. Hasil penelitian menunjukan: (1) penerapan model pembelajaran TAI berlangsung dengan baik. Siswa dapat mengikut instruksi yang diberikan oleh guru, dapat bekerja secara berkelompok dan termotivasi untuk mengerjakan kuis dengan adanya dukungan reward di akhir pembelajaran; (2)Apakah model pembelajaran Team Assisted Individualization berpengaruh secara siginifikan terhadap motivasi belajar siswa di MTs Nurul Islam. Hal ini ditunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih nilai minimum yang diperoleh kelas eksperimen adalah 72 dan nilai maksimum adalah 80 dengan skor rata-rata 76,75. Sedangkan pada kelas kontrol nilai minimum 52 dan nilai maksimum 72 dengan skor rata-rata 60.06. Berdasarkan uji statistik juga diperoleh informasi bahwa nilai dariAsymp. Sig. (2-tailed) maka Ho ditolak, artinya motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran TAI lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Team Asissted Individualiation berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa Kata kunci : Model pembelajaran Team Asissted Individualization (TAI), motivasi belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa di MTs Nurul Islam Kota Serang berdasarkan observasi lapangan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mencoba alteratif model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran Team Asissted Individualizatin (TAI) dipilih karena dapat mengarahkan siswa bekerja secara berkelompok dan tetap fokus pada pengembangan potensi individu siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI); (2). Metode penelitian yang diguakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontrol tidak ekivalen. Hasil penelitian menunjukan: (1) penerapan model pembelajaran TAI berlangsung dengan baik. Siswa dapat mengikut instruksi yang diberikan oleh guru, dapat bekerja secara berkelompok dan termotivasi untuk mengerjakan kuis dengan adanya dukungan reward di akhir pembelajaran; (2)Apakah model pembelajaran Team Assisted Individualization berpengaruh secara siginifikan terhadap motivasi belajar siswa di MTs Nurul Islam. Hal ini ditunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih nilai minimum yang diperoleh kelas eksperimen adalah 72 dan nilai maksimum adalah 80 dengan skor rata-rata 76,75. Sedangkan pada kelas kontrol nilai minimum 52 dan nilai maksimum 72 dengan skor rata-rata 60.06. Berdasarkan uji statistik juga diperoleh informasi bahwa nilai dariAsymp. Sig. (2-tailed) maka Ho ditolak, artinya motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran TAI lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Team Asissted Individualiation berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa Kata kunci : Model pembelajaran Team Asissted Individualization (TAI), motivasi belajar siswa
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 09 Des 2019 07:55 |
Perubahan Terakhir: | 09 Des 2019 07:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4799 |
Actions (login required)
Lihat Item |