Salam, Abdul (2019) Penerapan Metode Tahfidz Tikror dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Abdul Salam, Penerapan Metode Tahfidz Tikror dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang. Dalam proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an diperlukan sebuah metode. Sebab, metode mepunyai peranan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan penghafalan Al-Qur’an. Metode tahfizul-Qur’an di Indoneia sudah berkembang dan sangat beragam. Dan salah satu metode tersebut adalah Metode Tahfidz Tikror. Metode tahfidz tikror merupakan metode menghafal Al-Qur’an yang memiliki ciri pendekatan yang khusus, pendekatan itu ada 3 unsur : Direct Methode (metode langsung), Repeatation (Diulang-ulang), dan memiliki AlQur’an khusus yaitu: Al-Qur’an tikror atau tikrar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan program kerja bagian Tahfizul Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tahfidz Tikror pada siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang (2) Mendeskripsikan penerapan Metode Tahfidz Tikror dalam pembelajaran hafalan AL-Qur’an pada siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang (3) mengetahui hasil pembelajaran Tahfizul-Qur’an dengan menggunakan metode tahfidz tikror pada siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data melalui, tes lisan digunakan untuk memperoleh data kualitas hafalan Al-Qur’an menggunakan metode Tahidz Tikror, serta observasi digunkan untuk memperoleh hasil penerapan metode tahfidz tikror . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaranTahfizul Qur’an untuk siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang dengan menggunakan metode tahfidz Tikror ada 3 poin (1) membuat jadwal pelajaran khusus Tahfizul Qur’an (2) membuat kartu prestasi hafalan Qur’an (3) melakukan prosedur penerimaan murid baru. Prose penerapan pembelajaran. Hasil yang diperoleh selama menggunakan metode ini mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci : Al-Qur’an, Tahfizul Qur’an, Metode Tikror
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 09 Des 2019 04:49 |
Perubahan Terakhir: | 09 Des 2019 04:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4795 |
Actions (login required)
Lihat Item |