Penerapan Metode Tahfidz Tikror dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang.

Salam, Abdul (2019) Penerapan Metode Tahfidz Tikror dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. CAVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (163kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
abstrak salam.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (319kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (604kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (671kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (180kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (691kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (301kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Abdul Salam, Penerapan Metode Tahfidz Tikror dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang. Dalam proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an diperlukan sebuah metode. Sebab, metode mepunyai peranan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan penghafalan Al-Qur’an. Metode tahfizul-Qur’an di Indoneia sudah berkembang dan sangat beragam. Dan salah satu metode tersebut adalah Metode Tahfidz Tikror. Metode tahfidz tikror merupakan metode menghafal Al-Qur’an yang memiliki ciri pendekatan yang khusus, pendekatan itu ada 3 unsur : Direct Methode (metode langsung), Repeatation (Diulang-ulang), dan memiliki AlQur’an khusus yaitu: Al-Qur’an tikror atau tikrar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan program kerja bagian Tahfizul Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tahfidz Tikror pada siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang (2) Mendeskripsikan penerapan Metode Tahfidz Tikror dalam pembelajaran hafalan AL-Qur’an pada siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang (3) mengetahui hasil pembelajaran Tahfizul-Qur’an dengan menggunakan metode tahfidz tikror pada siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data melalui, tes lisan digunakan untuk memperoleh data kualitas hafalan Al-Qur’an menggunakan metode Tahidz Tikror, serta observasi digunkan untuk memperoleh hasil penerapan metode tahfidz tikror . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaranTahfizul Qur’an untuk siswa kelas IV MIS. Mathla’ul Huda Tangerang dengan menggunakan metode tahfidz Tikror ada 3 poin (1) membuat jadwal pelajaran khusus Tahfizul Qur’an (2) membuat kartu prestasi hafalan Qur’an (3) melakukan prosedur penerimaan murid baru. Prose penerapan pembelajaran. Hasil yang diperoleh selama menggunakan metode ini mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci : Al-Qur’an, Tahfizul Qur’an, Metode Tikror

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2019 04:49
Perubahan Terakhir: 09 Des 2019 04:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4795

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.