Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Dan Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Anyar

IHSAN, IHSAN (2019) Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Dan Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Anyar. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (582kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
1. BAB 1_Rev Pasca Sidang.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (263kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. BAB 2_Rev Pasca Sidang.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (316kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3. BAB 3_Rev Pasca Sidang.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (680kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
4. BAB 4_Rev Pasca Sidang.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (451kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
5. BAB 5_Rev Pasca Sidang.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (167kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
6. Daftar Pustaka_Rev Pasca Sidang.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (234kB) | Pra Tinjau

Abstrak

IHSAN. 172011056. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Dan Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Anyar, Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pasca Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten, 2019. Pemahaman terhadap pembelajaran Baca Tulis Al-Quran yang dimiliki siswa di sekolah belum semuanya memenuhi harapan, tidak semua siswa dapat memenuhi tiga aspek yang diharapkan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Kondisi ini dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu pertama kualitas guru, kedua pelaksanaan pembelajaran, dan ketiga terkait dengan kegiatan evaluasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Gerakan Literasi Sekolah berpengaruh terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an siswa kelas IX di SMPN 2 Anyar?; (2) Bagaimana Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an siswa kelas IX di SMPN 2 Anyar (3) Bagaimana pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Pembelajaran Tutor Sebaya diterapkan secara bersamaan terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an?. Tujuan dari penelitian adalah: (1) Mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an siswa kelas IX di SMPN 2 Anyar; (2) Mengetahui pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Baca Tulis AlQur‟an siswa kelas IX di SMPN 2 Anyar; (3) Mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Pembelajaran Tutor Sebaya secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an siswa kelas IX di SMPN 2 Anyar. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Anyar yang beralamat di Jln. Raya Mancak. Km. 04 Kosambironyok. Kecamatan Anyar. Kabupaten Serang. Metode penelitian menggunakan concurren mixed methods, penelitian yang menggabungkan antara data kuantitatif dan data kualitatif dalam satu waktu. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Gerakan Literasi Sekolah berpengaruh terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an siswa kelas IX di SMPN 2 Anyar. Penerapan gerakan literasi pada pembelajaran Baca Tulis AlQur‟an menunjukkan bahwa kegiatan guru sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan Pembelajaran. (2) Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an siswa kelas IX di SMPN 2 Anyar. Peningkatan kualitas Pembelajaran tercermin melalui: 1) siswa menjadi tertarik dalam mengikuti kegiatan Pembelajaran, 2) guru tidak lagi kesulitan dalam membangkitkan motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar untuk meningkatkan hasil belajarnya, 3) guru tidak lagi kesulitan menerapkan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an. (5) Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Pembelajaran Tutor Sebaya secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an siswa kelas IX di SMPN 2 Anyar. Hasil pengolahan Uji two way ANOVA yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Pembelajaran Tutor Sebaya secara bersam-sama terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur‟an siswa kelas IX di SMPN 2 Anyar. Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur’an

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Des 2019 02:31
Perubahan Terakhir: 05 Des 2019 02:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.