Pengaruh Penggunaan Metode Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri 3 Lebak).

Saidah, Roihanu (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri 3 Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (300kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (497kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (486kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (498kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (198kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Roihanu Saidah. NIM: 132101753. 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri 3 Lebak). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penggunaan metode example non example pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTs Negeri 3 Lebak 2) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode example non example di Kelas VIII MTs Negeri 3 Lebak. 3) mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTs Negeri 3 Lebak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 Lebak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.. Pada penelitian ini kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode example non example dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran soal dan uji daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis uji-t. hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 78,1 dan nilai siswa kelas kontrol 56,96. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan pengujian berupa uji-t pada taraf signifikansi 5%dan diperoleh nilai sebesar 5,782>2,000, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Akidah Akhlak antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode Example Non Example dengan kelompok siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Kata Kunci: Metode Example Non Example, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2019 02:30
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2019 02:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4750

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.