Pengentasan Perilaku Membolos Sekolah Melalui Konseling Kelompok dengan Menggunakan Pendekatan Behavioral (Studi Kasus Kelas X SMK Jurnalistik Lebak Wangi)

Saefudin, Ahmad (2017) Pengentasan Perilaku Membolos Sekolah Melalui Konseling Kelompok dengan Menggunakan Pendekatan Behavioral (Studi Kasus Kelas X SMK Jurnalistik Lebak Wangi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
PENGENTASAN PERILAU MEMBOLOS SEKOLAH MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIORAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (116kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
Kaslian Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (288kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (284kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II Sejarah SMK Jurnalitik 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (330kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III Kondisi Membolos Sekolah 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (184kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V Penutup.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V Penutup.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Membolos dapat diartikan sebagai perilaku siswa yang tidak masuk sekolah, meninggalkan sekolah atau jam pelajaran usai dilakukan tanpa mendapatkan izin dari sekolah. Fakta ini terjadi di SMK Jurnalistik Lebak Wangi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahu faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa kelas X SMK jurnalistik lebak wangi membolos sekolah dan apakah bimbingan konseling dapat mengatasi perilaku membolos dengan menggunakan pendekatan behavioral pada siswa kelas X SMK Jurnalistik Lebak Wangi. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif menggunakan desain penelitian penelitian tindakan kelasanalisis secara deksriptif analisis. Dalam tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa faktor terjadinya membolos sekolah di kelas X SMK Jurnalistik Lebak Wangi dari faktor jenuh belajar, pengaruh teman, guru pengajar yang tidak menyenangkan, malas belajar, lingkungan sekolah, tidak mengerjakan PR. Yang akan mengakibatkan tidak naik kelas, dikeluarkan dari sekolah, kehadiran siswa minimal harus 75%, nilai ulangan tidak sesuai harapan, ketinggalan pelajaran, gagal dalam ujian. Upaya penanganan sikap membolos sekolah penanganannya yaitu dengan Asessment, goal setting, teknik implementasi, evaluasi-terminasi, desensitisasi sistematik, pelatihan asertivitas dan relaksasi. Hal ini dapat mengatasi perilaku membolos pada siswa kelas X SMK Jurnalistik Lebak Wangi dilihat dari perubahan terhadap perilaku yang sebelumnya membolos sekolah setelah diberikan treatmen mereka berubah menjadi rajin bersekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perilaku Membolos, Faktor Internal, Faktor Eksternal
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 03 Mei 2017 14:52
Perubahan Terakhir: 02 Apr 2024 05:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.