Efektivitas Metode Jigsaw Dan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di SMKN 1 Ciruas Dan SMK NU Ciruas Serang Banten)

Nurfaizah, Siti (2019) Efektivitas Metode Jigsaw Dan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di SMKN 1 Ciruas Dan SMK NU Ciruas Serang Banten). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER TESIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (148kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (227kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (648kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (306kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (644kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (17kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (97kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Siti Nurfaizah, NIM. 172011058. Efektivitas Metode Jigsaw Dan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di SMKN 1 Ciruas Dan SMK NU Ciruas Serang Banten) Hasil belajar pendidikan agama islam merupakan pencapaian yang tinggi yang mencakup kognitif, efektif dan psikomotorik. Hasil pelajaran pendidikan agama islam merupakan sebuah bekal hidup beragama, bermasyarakat dan bernegara, Namun, di suatu sekolah Menengah Kejuruan masih terdapat hasil belajar pendidikan agama islam yang belum maksimal. Peneliti menduga hal ini disebabkan kurang maksimalnya guru pendidikan agama islam pada penerapan metode Jigsaw dan metode belajar mandiri. Maka, peneliti melakukan penelitian dengan judul Efektivitas Metode Jigsaw dan Belajar Mandiri dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah Efektivitas Metode Jigsaw dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Ciruas dan SMK NU Ciruas dan Bagaimanakah Efektivitas Metode Belajar Mandiri dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Ciruas dan SMK NU Ciruas. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Jigsaw dan Belajar Mandiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Ciruas dan SMK NU Ciruas Serang Banten. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif Metode ini digunakan untuk mengetahui efektivitas metode Jigsaw dan belajar mandiri dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam. Penghitungan menggunakan aplikasi SPSS. Sampel diambil secara acak atau menggunakan teknik Random Sampling, sebanyak 90 siswa yang aktif pada kegiatan belajar mengajar di SMKN 1 Ciruas dan SMK NU Ciruas Serang Banten. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Efektivitas metode Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam memiliki nilai korelasi 0,510 dengan kategori kuat yang menyatakan variable X1 memiliki kontribusi efektivitas sebesar 47,4% terhadap variable Y dan 52,6% lainnya didukung oleh factor eksternal lain di luar penelitian ini. 2). Efektifitas metode belajar mandiri dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam memiliki nilai korelasi 0,445 dengan kategori kuat yang menyatakan variabel X2 memiliki kontribusi efektivitas sebesar 32,1% terhadap variabel Y dan 67,9% lainnya didukung oleh factor eksternal lain di luar penelitian ini. 3). Efektivitas metode Jigsaw dan belajar mandiri dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam memiliki nilai korelasi sebesar 32,2% terhadap variabel Y dan 67,8% lainnya didukung oleh factor eksternal lain diluar penelitian ini. Kata kunci: Metode Jigsaw, Belajar Mandiri dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 19 Nov 2019 08:33
Perubahan Terakhir: 19 Nov 2019 08:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.