SOLIHAH, LILIS (2019) Desain dan Implementasi Pembelajaran Full Day School Untuk Pengembangan Kemandirian Siswa. Studi di MAN 2 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
LILIS SOLIHAH, NIM : 1640100381, Judul Tesis : Desain dan Implementasi Pembelajaran Full Day School Untuk Pengembangan Kemandirian Siswa. Studi di MAN 2 Kota Serang Pendidikan merupakan kebutuhan yang fundamental yang senantiasa menjadi permasalahan yang aktual sepanjang zaman. Sementara Tujuan pendidikan menurut Undang-Undang No 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 belum dapat terrealisasi dengan baik. Dibuktikan dengan adanya gejala-gejala negatif yang berkembang pada siswa seperti Bullying, tauran, narkoba, ditambah dengan output pendidikan kita yang belum menggembirakan. Dihadapkan pada dinamika kehidupan yang terus berubah dan berkembang, terlebih lagi ditunjang oleh laju perkembangan teknologi dan arus globalisasi yang sulit atau tidak mungkin untuk dibendung. Sehingga tata nilai yang sudah mapan banyak diguncang oleh nilai-nilai baru yang belum tentu positif bagi kehidupan mereka. Hal ini mengisyaratkan bahwa manusia akan semakin didesak ke arah kehidupan yang mengharuskan untuk mampu bersaing dalam dunia kerja, lebih kompetitif dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Desain pembelajaran yang ada di MAN 2 Kota Serang, Implementasi pembelajaran full day school, dan Kemandirian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Research dengan menggunakan bentuk Sekuensial Gabung. Peneliti menggunakan kedua penelitian secara berurutan. Pada tahap pertama peneliti menggunakan penelitian kualitatif kemudian tahap selanjutnya dengan menghitung tingkat kemandirian belajar siswa menggunakan penelitian kuantitatif Hasil penelitian ini yaitu: 1) MAN 2 Kota Serang memadukan Kurikulum Nasional (Kurikulum 2013) dan Kurikulum Madrasah. Di dalamnya include pada kurikulum Adiwiyata/Kurikulum yang berbasis lingkungan hidup. Madrasah masih memberlakukan enam hari kerja. KBM berlangsung sejak jam 07.15- 15.00 WIB. Belum lagi ditambah siswa yang bermukim di Boarding School. 2) MAN 2 belum full day jika melihat ciri dari full day lima hari kerja, Namun pada tataran prakteknya beban belajar sudah melebihi full day belum lagi ada KBM yang dilaksanakan di Boarding School. 3) Kemandirian bagi siswa diterapkan di kelas di luar kelas, dan di Boarding School. 4) Pembelajaran kemandirian siswa di laksanakan di Madrasah maupun di boarding untuk keunggulan yang bersifat kompentitif di Madrasah, sedangkan untuk keunggulan kooperatif lebih banyak didapat di boarding. 5) Beberapa kendala dari diberlakukannya program full day school antara lain: a) kesiapan dari tenaga pengajar. b) Tenaga pembimbing Ekstrakulikuler sulit untuk mengatur jadwal, jika seluruh ekskul dijadwalkan dihari sabtu. c) pemanfaatan PSBB (pusat sumber belajar bersama), belum maksimal, dikarenakan PSBB MAN 2 Kota Serang untuk sementara ini masih digunakan untuk Kementrian Agama Kota Serang. d) Boarding School, salah satu program unggulan yang ada di MAN 2 Kota Serang ini Keterbatasan tenaga yang ada di asrama dan kekurangan tenaga pendidik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 18 Nov 2019 04:05 |
Perubahan Terakhir: | 18 Nov 2019 04:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4614 |
Actions (login required)
Lihat Item |