Studi Komparasi Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Fazlur Rahman dan KH. Ahmad Dahlan.

Heldayani, Ulfa (2019) Studi Komparasi Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Fazlur Rahman dan KH. Ahmad Dahlan. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER ULFA HELDAYANI 142101783.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN LAMPIRAN ULFA HELDAYANI 142101783.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (53kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
SKRIPSI ULFA HELDAYANI 142101783.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (234kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Ulfa Heldayani, NIM 142101783, Judul Skripsi : Latar Belakang penelitian ini yakni. Dengan perkembangan zaman selalu berubah, maka pendidikan Islam harus dapat merespons hal tersebut agar pendidikan Islam dapat dalam peradaban global. Oleh karena itu, perlu diterapkannya konsep pendidikan yang bersifat positif dan dinamis di berbagai lembaga pendidikan agar dapat memenuhi tuntutan tersebut. Untuk itu penulis tertarik dengan konsep pendidikan dizaman Fazlur Rahman ataupun K.H Ahmad Dahlan yang masih tradisional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pandangan Fazlur Rahman dan K.H. Ahmad Dahlan tentang konsep pendidikan Islam? 2) Bagaimana perbangdingan antara pandangan Fazlur Rahman dan K.H Ahmad Dahlan tentang konsep pendidikan Islam? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep pendidikan Islam dari Fazlur Rahman dan KH. Ahmad Dahlan serta mengetahui persamaan dan perbedaan dari keduanya. Manfaatnya yaitu untuk memperoleh pengetahuan dan mengembangkan wawasan khazanah konsep pendidikan Islam serta dapat diterapkan pada lembaga pendidikan di zaman sekarang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode kepustakaan ( Library Research ). Tehnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi kepustakan dan studi dokumentasi. Adapun analisis datanya dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam Ahmad Dahlan adalah suatu proses untuk melahirkan peserta didik yang alim dalam ilmu agama, berpandangan luas, dan siap berjuang mengabdi untuk Muhammadiyah. Sedangkan konsep pendidikan Islam Fazlur Rahman yaitu suatu proses menyelesaikan problema masyarakat Islam untuk melahirkan peserta didik yang mampu memanfaatkan teknologi yang berkembang di Barat dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Islam. Persamaan konsep pendidikan Islam Ahmad Dahlan dan Fazlur Rahman: 1) Pendidikan Islam untuk memperoleh pengetahuan dan diaplikasikan dimasyarakat; 2) Peserta didik adalah seseorang yang membutuhkan spiritualitas dan intelektualitas; 3) Mengintegrasikan ilmu umum dan ilmu agama; 4) ingin melahirkan generasi yang unggul dalam spiritualitas dan intelektualitas. Perbedaan konsep pendidikan islam ahmad dahlan dan Fazlur Rahman; 1) Ahmad Dahlan mendefinisikan pendidik yaitu orang yang mendapat petunjuk dari tuhan untuk mengajarkan ilmunya kepada orang lain, sedangkan fazlur rahman mendefinisikan pendidik orang yang memiliki bakat mengajar, berkomitmen tinggi terhadap islam cerdas, dan berpengalaman. Kata Kunci : Konsep Pendidikan, Persamaan dan Perbedaan Konsep pendidikan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2019 04:04
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2019 04:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4603

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.