Peningkatan Kemampuan berhitung (Penjumlahan dan Pengurangan 1-10) melalui permainan corong berhitung (PTK di RA ADDURIYAT Kota Cilegon Kelompok B4 Usia 5-6 Tahun)

Nisa, Ina Yatun (2019) Peningkatan Kemampuan berhitung (Penjumlahan dan Pengurangan 1-10) melalui permainan corong berhitung (PTK di RA ADDURIYAT Kota Cilegon Kelompok B4 Usia 5-6 Tahun). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (220kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (398kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (329kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV & V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (490kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ina Yatun Nisa. 152600006. 2019. Peningkatan Kemampuan berhitung (Penjumlahan dan Pengurangan 1-10) melalui permainan corong berhitung (PTK di RA ADDURIYAT Kota Cilegon Kelompok B4 Usia 5-6 Tahun). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung (penjumlahan dan pengurangan 1-10) melalui permainan corong berhitung pada anak kelompok B4 di RA ADDURIYAT Kota Cilegon. Kemampuan berhitung (Penjumlahan dan Pengurangan 1-10) yang ditingkatkan ialah mengenalkan tanda (+) (-) pada corong berhitung, menyebutkan lambang bilangan 1-10 pada corong berhitung, mencocokkan/memasukkan benda sesuai lambang bilangan 1-10 pada corong berhitung. Penelitian ini dilakukan karena ada permasalahan dalam peningkatan kemampuan berhitung di kelompok B4. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti. Subjek penelitian ini sebanyak 16 anak. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berhitung (Penjumlahan dan Pengurangan 1-10) melalui permainan corong berhitung. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar aktivitas siswa Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik dekriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung (penjumlahan dan pengurangan 1-10) pada kelompok B4 di RA ADDURIYAT Kota Cilegon dapat ditingkatkan melalui permainan corong berhitung. Anak bermain secara bergantian kemudian anak memainkan sesuai instruksi yang diberikan yaitu mengenalkan tanda (+) (-) pada corong berhitung, menyebutkan lambang bilangan 1-10 pada corong berhitung, dan mencocokkan/memasukkan benda sesuai lambang bilangan 1-10 pada corong berhitung. Hasil penelitian kemampuan berhitung (penjumlahan dan pengurangan 1-10) melalui permainan corong berhitung nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 69, meningkat pada siklus I menjadi 75, dan siklus II meningkat sebesar 80. Kata kunci: Kemampuan Berhitung, Penjumlahan dan Pengurangan 1-10, Corong Berhitung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 06 Nov 2019 06:58
Perubahan Terakhir: 06 Nov 2019 06:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.