NILAI-NILAI PENDIDIKAN TENTANG KEIMANAN : ANALISIS TAFSIR PENDIDIKAN Q.S. LUQMAN AYAT 13 DALAM TAFSIR IBNU KATSIR DAN TAFSIR MUNIR

ROPIK, AGUS (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TENTANG KEIMANAN : ANALISIS TAFSIR PENDIDIKAN Q.S. LUQMAN AYAT 13 DALAM TAFSIR IBNU KATSIR DAN TAFSIR MUNIR. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (135kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Tesis Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (512kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Tesis Bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Tesis Bab 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (509kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Tesis Bab 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (418kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Tesis Bab 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (167kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Tesis Daftar isi, Pengesahan, Translet.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (539kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Tesis Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (229kB) | Pra Tinjau

Abstrak

AGUS ROPIK : NILAI-NILAI PENDIDIKAN TENTANG KEIMANAN : ANALISIS TAFSIR PENDIDIKAN Q.S. LUQMAN AYAT 13 DALAM TAFSIR IBNU KATSIR DAN TAFSIR MUNIR Allah SWT. adalah pemilik langit dan bumi beserta isinya, Allah SWT. menuntut kesetiaan manusia kepada-Nya. karena Allah SWT. menginginkan agar manusia hidup sejahtera. Allah SWT. tidak menginginkan makhluk-Nya yang paling mulia, diciptakan menjadi hamba syaitan atau tunduk pada benda-benda yang derajatnya lebih rendah. Oleh karena itu, Allah SWT. memerintahkan kepada setiap manusia agar mentauhidkan-Nya, berjalan terus kedepan dengan membawa obor atau cahaya kebenaran yang telah Allah turunkan kepada manusia melalui utusan-Nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tafsir Q.S. Luqman ayat 13, menurut para mufassir, essensi Q.S. Luqman ayat 13, peranan pendidikan keimanan, dan nilai-nilai pendidkan Q.S. Luqman ayat 13. Dalam Q.S. Luqman ayat 13 dijelaskan bahwa keimanan seseorang didapat dengan pengetahuan dan nasehat yang baik. Ketika Luqman memberikan wasiat kepada puteranya yang merupakan orang yang paling dikasihi dan dicintainya, untuk beriman dan beribadah kepada Allah SWT. dengan tidak menyekutukan Allah SWT. dengan sesuatu apapun, karena syirik adalah kedzoliman yang besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif, yaitu metode yang mempunyai ciri-ciri adanya pemusatan pada masalah yang terjadi pada masa sekarang dan perolehan datanya dilakukan dengan cara disusun, dijelaskan dan dianalisis. Adapun teknik yang digunakan adalah studi literatur atau book survey, yaitu suatu keknik yang digunakan dalam mengkaji tafsir dan buku-buku yang dapat dijadikan sumber untuk menjawab permasalahan. Isi Q.S. Luqman ayat 13 adalah : 1). Manusia ketika diberikan saran harus dengan ucapan yang lemah lembut. 2). Manusia lupa ketika tidak ada yang memberikan saran. 3). Manusia kembali beriman kepada Allah SWT. ketika diberi saran bahwa yang mereka lakukan itu musyrik dan kedzoliman yang besar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Hukum Ekonomi Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Nov 2019 01:17
Perubahan Terakhir: 05 Nov 2019 01:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4526

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.