Islamiah, Siti Nur (2019) Hubungan Kemampuan Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI dan Tingkah Laku Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar PAI pada SMP PGRI 396 Kelapa Dua. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Keberhasilan pendidikan di sekolah yang utama ditentukan oleh kebehasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, yakni keterpaduan antara kegiatan guru dengan kegiatan siswa. Untuk meningkatkan dan mengembangkan hasil belajar siswa guru PAI harus memiliki pengetahuan dan kemampuan pengelolaan proses pembelajaran, pengorganisasian, strategi pendekatan keterampilan proses kegiatan pembelajaran. Selain itu keadaan di dalam kelas seperti tingkah laku dengan teman sebaya juga perlu diperhatikan, karena teman sebaya memberikan dukungan sosial, moral, dan emosional. Teman sebaya ibarat lingkungan sosial pertama, dimana remaja belajar untuk hidup bersama dan saling menghargai dengan orang lain yang bukan dari lingkungan keluarganya. Dari penjelasan di atas terdapat rumusan masalah yaitu apakah terdapat hubungan kemampuan pengelolaan pembelajaran guru PAI dan tingkah laku teman sebaya dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII pada SMP PGRI 396 Kelapa dua. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kemampuan pengelolaan pembelajaran dan tingkah laku teman sebaya dengan prestasi belajar PAI kelas VII pada SMP PGRI 396 Kelapa dua. Dari populasi 107 peserta didik kemudian diambil sampel sebanyak 50 responden. Kemudian metode yang digunakan adalah deskriptif kuantatif, dengan menggunakan aplikasi SPPS 21.0. dengan hasil penelitian tidak terdapat Hubungan yang signifikan secara bersama-sama Kemampuan Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI dan Tingkah laku teman sebaya terhadap prestasi belajar PAI. Hal ini dibuktikan dengan hasil hubungan kemampuan pengelolaan pembelajaran guru PAI dengan prestasi belajar PAI kelas VII yang memperoleh nilai Sig = 0.62 dan Fhitung = 2,951 sedangkan Ftabel = 3,18. Karena nilai Sig > 0,05 dan Fhitung > Ftabel maka H0 di terima yang berarti bahwa koefisien regresi 6 tersebut tidak signifikan. Dan hasil hubungan tingkah laku teman sebaya dengan prestasi belajar PAI kelas VII yang memperoleh nilai Sig = 0.057 dan thitung = 1.952, sedangkan ttabel = 1.684. Karena nilai Sig > 0,05 dan thitung < ttabel maka H0 di tolak yang berarti terdapat hubungan yang signifikan. Skor koefisien korelasi atau hubungan positif yang ditunjukkan dengan skor ry12 sebesar 0,334 dan koefisien determinasi sebesar 11,2% sedangkan sisanya yaitu 88,8% disebabkan faktor-faktor yang lain
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2019 01:17 |
Perubahan Terakhir: | 06 Mar 2024 08:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4525 |
Actions (login required)
Lihat Item |