Implementasi nilai-nilai akhlak dalam kitab ihya ulum ad-din di pondok pesantren al-hidayah

Nuraeni, Yeni (2019) Implementasi nilai-nilai akhlak dalam kitab ihya ulum ad-din di pondok pesantren al-hidayah. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover skripsi yeni.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (273kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (291kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (502kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BABIII.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (251kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (226kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bab 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (151kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama : Yeni Nuraeni, Nim: 122111516, Judul Skripsi: Implementasi nilai-nilai akhlak dalam kitab ihya ulum ad-din di pondok pesantren al-hidayah Selama ini pendidikan hanya tampak dari kemampuan siswa menghafal fakta-fakta walaupun banyak siswa mampu menyajikan tingkat hafalan yang baik terhadap materi yang diterimanya, tetapi pada kenyataannya mereka seringkali tidak memahami secara mendalam substansi materinya. Dampaknya, sebagian besar dari siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan. Untuk itulah pendidikan akhlak memang harus nyata diterapkan dalam kehidupan, terutama bagi anak didik yang masih dalam tahap perkembangan. Ia harus berbentuk konkret dan diterapkan secara langsung, akan lebih baik jika terus dibiasakan. Salah satu contoh lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan akhlak ini yang sekaligus menjadi tempat penulis melakukan penelitian yaitu Pondok Pesantren Al-Hidayah Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah implementasi nilai-nilai akhlak dalam kitab ihya ulumad-din di Pondok Pesantren Al-hidayah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai akhlak dalam kitab ihya ulum ad-din di pondok pesantren al-hidayah. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan cara langsung penulis mengadakan penelitian ke lokasi dengan metode observasi dan wawancara kepada peserta didik, guru akidah akhlak dan kepala madrasah, disamping itu penulis mengadakan survai dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pembinaan akhlakul karimah yang dikembangkan di Pondok Pesantren Al-hidayah menggunakan metode teladan, kisah-kisah, nasihat, perhatian, latihan dan pembiasaan, hukuman dan ganjaran, ceramah, dan diskusi yang juga didukung dengan program-program kegiatan Sekolah. Maka setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Al-Hidayah sudah cukup baik, Karena dalam tinjauan peneliti berdasarkan survey dan observasi juga kesesuaian hasil wawancara dengan guru bidang studi aqidah akhlak dalam proses pembelajarannya sudah dilaksanakan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 01 Nov 2019 09:11
Perubahan Terakhir: 01 Nov 2019 09:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4512

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.