Paradika, Sisilia (2019) Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perkalian.” (PTK di Kelas III SD Negeri Walantaka 3 Kecamatan Walantaka). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1.COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (136kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2.halaman depan PRINT.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (370kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
3.SKRIPSI RANDOM.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (964kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (11kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Sisilia Paradika, NIM 152400844.“Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perkalian.” (PTK di Kelas III SD Negeri Walantaka 3 Kecamatan Walantaka). Kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran Matematika masih rendah di Kelas III SD Negeri Walantaka 3 Kecamatan Walantaka hal ini di sebabkan kurangnya siswa dalam konsep perkalian sehingga mengakibatkan kemampuan pemahaman konsep masih rendah, kurangnya motivasi siswa dalam berhitung, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, guru belum memanfaatkan pendekatan dalam pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III SD Negeri Walantaka 3 Kecamatan Walantaka dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III SD Negeri Walantaka 3 Kecamatan Walantaka dari segi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan aktivitas siswa dan kemampuan pemahaman konsep siswa, pada siklus I ketuntasan aktivitas siswa sebesar 58% dan kemampuan pemahaman konsep siswa mengenai pemahaman konsep 50%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II ketuntasan aktivitas siswa sebesar 72% dan kemampuan pemahaman konsep siswa mengenai pemahaman konsep 76,8%. Kata Kunci: Penerapan, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep, dan Perkalian.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 22 Okt 2019 02:38 |
Perubahan Terakhir: | 22 Okt 2019 02:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4479 |
Actions (login required)
Lihat Item |