Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Anak dalam Membaca Doa Harian (Studi Kasus Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyyah Nurul Kalam Cilegon)

Sari, Juwita Mardita (2019) Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Anak dalam Membaca Doa Harian (Studi Kasus Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyyah Nurul Kalam Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (343kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
SKRIPSI BAB I-5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (558kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (144kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Disiplin merupakan suatu akhlak terpuji manusia. Disiplin merupakan suatu bentuk perilaku patuh dan taat terhadap peraturan yang berlaku, kepatuhan itu lebih ditekankan pada kesadaran diri bukan karena paksaan. Kenyataan yang terjadi cara pada lingkungan sekolah, anak selalu kurang disiplin dan kurang memiliki rasa tanggung jawab di sekolah, tidak membuat pekerjaan rumah, mencoret-coret bangku, kurang hormat pada guru. Hal ini merupakan dasar dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi kedisiplinan pada anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyyah Nurul Kalam? 2) Bagaimana penerapan metode token ekonomi untu meningkatkan kedisiplinan anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyyah Nurul Kalam Cilegon? Adapun tujuan penelitiannya adalah 1) untuk mengetahui kondisi kedisiplinan anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyyah Nurul Kalam Cilegon. 2) untuk mengetahui penerapan metode token ekonomi untuk meningkatkan kedisiplinan anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyyah Nurul Kalam Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan baru atau cara pendekatan baru untuk memecahkan masalah dengan tindakan langsung. Dengan metode wawancara dan observasi di lapangan sebagai pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah lima responden di kelas 1-5 di MDTA Nurul Kalam. Pemilihan subjk dilakukan melalui rekomendasi guru pembimbing. Kesimpulan penelitian ini pertama, dalam penerapan metode token ekonomi dalam mengatasi pelanggaran perilaku datang terlambat terdapat beberapa langkah penelitian diantaranya yaitu: Assessment, Goal Setting, Implementasi teknik dan Evaluasi. Dalam penelitian ini peneliti membaginya ke dalam tiga pertemuan dan dilaksanakan selama bulan Maret-April. Kedua, sebelum klien mendapatkan treatment dengan token ekonomi. Klien memiliki perilaku tidak disiplin dalam membaca doa harian. Setelah mendapatkan treatment dengan token ekonomi menunjukan adanya perubahan perilaku yang lebih baik dan merupakan sebuah kemajuan yang diperoleh klien. Kata Kunci: Pelanggaran, Token Ekonomi, Kedisplinan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 21 Okt 2019 04:52
Perubahan Terakhir: 03 Apr 2024 04:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4473

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.