Pengaruh Model Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa ( Studi Eksperimen di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang ).

Sari, Wiwin Purnama (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa ( Studi Eksperimen di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang ). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
surat pernyataan b5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (361kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (170kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama : Wiwin Purnama Sari, NIM : 132101722, Judul Skripsi : Pengaruh Model Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa ( Studi Eksperimen di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang ). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kebanyakan kurang dari KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran mind map. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana menerapkan model pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang ?. 2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pmbelajaran Mind Map pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang ?. 3) Apakah model pembelajran Mind Map dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Penggunaan model pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang. 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang. 3) Ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Masyariqul Anwar Caringin Pandeglang. Metodologi penelitian yaitu menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengambilan data yang digunakan yaitu tes. Hasil penelitian dianalisis dengan perhitungan statistik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Menerapkan model Pembelajaran mind map pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional, 2) iii Hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran mind map dapat dibuktikan dari hasil uji-t pada hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam setelah perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 8,14 lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 0,05 yakni 2,001 sehingga 8,14 > 2,001, maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan presentase dari nilai rata-rata sebesar 73,57 > 41%., 3) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran mind map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu thitung > ttabel atau 8,14 > 2,001, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian penggunaan model pembelaran Mind Map berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Simpulan dari penelitian ini nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata mean yaitu 73,57> 41 %. Kata Kunci : Mind Map, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Okt 2019 02:14
Perubahan Terakhir: 16 Okt 2019 02:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4452

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.