Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran PAI” (Penelitian dan Pengembangan di SMK Islam Darul Khalifah Binuang Kabupaten Serang)

Fitriyanti, Fitriyanti (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran PAI” (Penelitian dan Pengembangan di SMK Islam Darul Khalifah Binuang Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER TESIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
HALAMAN SAMPUL LENGKAP ref.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (566kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BIBLIOGRAFI fix.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (294kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Fitriyanti. 162010026. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran PAI” (Penelitian dan Pengembangan di SMK Islam Darul Khalifah Binuang Kabupaten Serang). Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana UIN “Sultan Maulana Hasanuddin Banten” 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pengembangan media pembelajaran berbasis blog. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Proses pengembangan ini dilaksanakan melalui perencanaan, kajian teoretik termasuk kajian penelitian yang relevan dan empirik, praktik di lapangan dan mendesain media blog sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasilnya menunjukan beberapa guru tertarik untuk menggunakan media pembelajaran berbasis blog untuk mempermudah proses pembelajaran, karena proses pembuatan yang mudah dan gratis, memanfaatkan pembuatan blog yang tidak berbayar dari internet. 2) Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa banyak siswa yang masih belum memiliki kemampuan berpikir kritis, karena siswa masih kurang peduli terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam yang setiap hari dipelajarinya, sehingga siswa menjadi pasif dalam menerima pembelajaran pendidikan agama Islam dan akhirnya kemampuan berpikir kritis siswapun berkurang. 3) Berdasarkan hasil review dari dosen ahli dan guru bahwa media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis blog yang beralamatkan di https://ipitmembaca.blogspot.com ini baik dan layak dijadikan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar bagi siswa. 4) Berdasarkan hasil uji n-gain, nilai rata-rata n-gain adalah 0,74. dapat disimpulkan bahwa peningkatan nilai siswa termasuk pada kategori Sedang karena n-gain berada pada interval 0,3 ≤ n-gain ≤ 0,7. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis blog untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di pembelajaran pendidikan agama Islam. Kata kunci: Blog, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Pembelajaran, Pembelajaran PAI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 14 Okt 2019 02:57
Perubahan Terakhir: 14 Okt 2019 02:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4443

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.