“Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran SKI (Kuasi Eksperimen di MA Manbau’ssalam Carenang Kab. Serang)”

Asyfiyai, Dawaul (2019) “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran SKI (Kuasi Eksperimen di MA Manbau’ssalam Carenang Kab. Serang)”. Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (66kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (317kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAK1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (58kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama : Dawaul Asyfiyai, NIM : 152102079, Judul Skripsi : “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran SKI (Kuasi Eksperimen di MA Manbau’ssalam Carenang Kab. Serang)” Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Bagaimanakah peran model pembelajaran Keoperatif Leraning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Jika diterapkan di MA Manbau’ssalam Carenang, Untuk mengetahui Bagaimanakah Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Perlajaran SKI Kelas XI Di MA Manbau’ssalam Carenang,Untuk mengetahui apakah terdapat Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Leraning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Di MA Manbau’ssalam Carenang. Metode penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik sampling non probability yaitu sampling purposive untuk memilih 2 kelas, diperoleh Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrument pengambilan data menggunakan angket. Untuk mengetahui validitas instrument dengan menggunakan program SPSS 23.0 dengan hasil 20 pertanyaan valid dan 10 pertanyaan yang tidak valid. Persyaratan normalitas dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan homogenitas dihitung menggunakan uji F. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat Efektivitas yang signifikan antara Penggunaan Model Pembelajaraan Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pelajaran SKI. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari perhitungan uji-t pada motivasi belajar SKI setelah perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diperoleh nilai thitung sebesar 5,57 lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikasi 0,05 yakni Ho ditolak dan Ha diterima dengan presentase skor sebesar 84,34 % > 70,58 % dengan demikian penggunaan model pembelajaraan Teams Games Tournament (TGT) memiliki efektifitas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pelajaran SKI. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Motivasi, SK

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 04 Okt 2019 02:27
Perubahan Terakhir: 04 Okt 2019 02:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.