Pengaruh Penilaian Autentik Pada Bidang Studi Akidah Akhlak Terhadap Disiplin Belajar Siswa (Studi di MA Daar Et-Taqwa Cigodeg Petir Kabupaten Serag )

Fitrianti, Puji (2019) Pengaruh Penilaian Autentik Pada Bidang Studi Akidah Akhlak Terhadap Disiplin Belajar Siswa (Studi di MA Daar Et-Taqwa Cigodeg Petir Kabupaten Serag ). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER SKRPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB)
[img] Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (510kB)
[img] Teks
BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB)
[img] Teks
BAB II SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (453kB)
[img] Teks
BAB III SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (407kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB)
[img] Teks
BAB V SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (84kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (147kB)

Abstrak

Puji Fitrianti, NIM 132101757, 2018. Judul Skripsi : Pengaruh Penilaian Autentik Pada Bidang Studi Akidah Akhlak Terhadap Disiplin Belajar Siswa (Studi di MA Daar Et-Taqwa Cigodeg Petir Kabupaten Serag ) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian autentik terhadap disiplin belajar siswa di MA Daar Et-Taqwa Petir Kab Serang, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penilaian autentik terhadap disiplin belajar siswa di MA Daar Et-Taqwa Petir Kab Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kuantitatif teknik pengumpulan data melakukan observasi, angket, Dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purpossive Sampling dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X (sepuluh). Instrumen penelitian yang diberikan berupa angket yang didalamnya berisi 20 item pertanyaan dari masing-masing variabel. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah: Bagimana pengaruh penilaian autentik pada pembelajaran akidah akhlak di kelas X MA Daar Et-Taqwa ? Apa yang dimaksud dengan penilaian autentik dan penerapannya di kelas X MA Daar Et-Taqwa ? Bagaimana pengaruh penilaian autentik terhadap disiplin belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak di kelas X MA Daar Et-Taqwa? Berdasarkan hasil penelitian penilaian autentik (variabel X) dengan disiplin belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak (variabel Y) berdasarkan analisis korelasional diperoleh angka “r” (0,77), angka tersebut berada pada interval (0,60 – 0,80). Artinya bahwa penilaian autentik (variabel X) dengan disiplin belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak (variabel Y) termasuk kategori korelasi yang tinggi atau kuat. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan “r” product moment, diketahui bahwa thitung=18 > ttabel=1,70 Ha diterima. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara penilaian autentik dengan disiplin belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak. Berdasarkan hasil uji signifikansi, diketahui thitung > ttabel, interprestasinya ialah terdapat korelasi yang signifikan antara penilaian autentik (variabel X) dengan disiplin belajar siswa pada bidang studi aqidah akhlak (varibel Y). Adapun kontribusi variabel X dengan variabel Y menggunakan koefisien determinasi ialah 59,29%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 03 Okt 2019 07:36
Perubahan Terakhir: 03 Okt 2019 07:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4409

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.