RUMAENI, SRI (2019) PENCIPTAAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG ISLAMI DAN KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Tunjung Teja Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
0_Sri Rumaeni_Depannya.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (197kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ISI TESIS)
1_Sri Rumaeni_Isinya.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (6MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
SRI RUMAENI. NIM: 172011065. Judul Tesis: PENCIPTAAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG ISLAMI DAN KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Tunjung Teja Kabupaten Serang) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan upaya penciptaan lingkungan sekolah yang islami dan kegiatan Rohis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Tunjung Teja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Tunjung Teja Kabupaten Serang. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI, wakil kepala bidang kesiswaan, pembina ekstrakurikuler Rohis, dan siswa. Objek penelitian adalah proses terciptanya lingkungan sekolah yang islami dan kegiatan Rohis di SMKN 1 Tunjung Teja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Penciptaan lingkungan sekolah yang islami di SMKN 1 Tunjung Teja merupakan usaha yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh warga sekolah agar nilai Agama menjadi bagian yang menyatu dalam perilaku warga sekolah sehari-hari. Upaya ini dilakukan melalui beberapa cara, antara lain melalui kebijakan pimpinan sekolah, kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan keagamaan secara konsisten. Upaya penciptaan lingkungan sekolah yang Islami didukung pula dengan adanya kegiatan Kerohanian Islam. Kegiatan Rohis meliputi aktivitas harian, seperti membaca Juz Amma sebelum belajar dimulai, sholat Dzuhur berjamaah. Aktivitas mingguan, seperti Buletin Al-Bayan, kajian dan mentoring, shalat Jumat berjamaah. Aktivitas bulanan meliputi majalah dinding. Aktivitas tahunan meliputi rihlah, PHBI, pengkaderan, serta muhasabah. Lingkungan sekolah yang islami dan kegiatan Rohis secara umum memiliki dampak terhadap motivasi siswa untuk belajar khususnya yang berkaitan dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terutama terlihat bagi mereka yang secara aktif mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh sekolah seperti PHBI dan Rohis. Penciptaan lingkungan sekolah yang islami dan Rohis bagi siswa meski masih menemui kendala, memiliki implikasi yang sangat baik dalam mendukung pembelajaran PAI di ruang kelas. Hasilnya, siswa menjadi lebih aktif, kreatif dan kritis dalam kegiatan belajar mengajar. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah Islami
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 01 Okt 2019 04:23 |
Perubahan Terakhir: | 01 Okt 2019 04:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4406 |
Actions (login required)
Lihat Item |