Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort terhadap Hasil Belajar Tematik pada Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku (Pre-Eksperimen dikelas I SD Negeri Tembong 3, Kecamatan Cipocok kota serang )

Pisesa, Dian (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort terhadap Hasil Belajar Tematik pada Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku (Pre-Eksperimen dikelas I SD Negeri Tembong 3, Kecamatan Cipocok kota serang ). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (59kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN-DAFTAR ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (461kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama : Dian Pisesa. NIM: 152400862. 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort terhadap Hasil Belajar Tematik pada Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku (Pre-Eksperimen dikelas I SD Negeri Tembong 3, Kecamatan Cipocok kota serang ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Card Sort terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini dilakukan di kelas I SD Negeri Tembong 3 Kecamatan Cipocok Kota Serang. Pengumpulan data dilakukuan dengan menggunakan tes. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-eksperimen dengan desain penelitian One-Group pretest-posttest Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa Kelas I semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 di Kecamatan Cipocok. Dengan jumlah 20 siswa. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji- t. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Card Sort memperoleh rata-rata nilai pre-test 41 sedangkan hasil post-test 93,5. Hal ini membuktikan bahwa Hasil Belajar Tematik pada tema Keluargaku subtema keluarga besarku Kelas Iyang diajarkan dengan menggunakan lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional) ( yaitu 1,88 2,15). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode Card Sort terhadap hasil belajar tematik pada tema keluargaku subtema keluarga besarku. Kata kunci:Metode Card Sort,Pre Eksperimen, Hasil Belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Sep 2019 04:13
Perubahan Terakhir: 27 Sep 2019 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4388

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.