Mini, Siti Jumrotul (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku ( Pre – Eksperimen di Kelas IV SDN Sirongge Kec. Mancak). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
ABSTRAK Nama : Siti Jumrotul Mini, NIM: 152400857, Judul Skripsi : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku ( Pre – Eksperimen di Kelas IV SDN Sirongge Kec. Mancak). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pebelajaran make a match terhadap hasil belajar tematik tema indahnya keragaman di negeriku sub tema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-ekperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design . Populasi atau objek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sirongge Kec. Mancak Kab. Serang dengan siswa 28. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabililitas, tingkat kesukaran, daya pembeda,. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran make a match memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, siswa memperoleh nilai rata-rata pretest 50,2 sedangkan nilai rata-rata posttest 54,3. Hal ini membuktikan bahwa hasil Hasil Belajar Tematik tema Indahnya Keragaman di Negeriku Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Indonesia kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan make a match lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional)(tobservasi > ttabel yaitu 4,275 > dari 2,052). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model make a match efektif dalam meningkatkan hasil belajar tematik tema indahnya keragaman di negeriku sub tema keragaman suku bangsa dan agama di indonesia. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar, Pre eksperimen
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 27 Sep 2019 04:13 |
Perubahan Terakhir: | 27 Sep 2019 04:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4387 |
Actions (login required)
Lihat Item |