Analisis Kesulitan Siswa dalam Menentukkan Ide Pokok suatu Paragraf dalam Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN PondokJagung 01 Serpong Utara

Nurhaliza, Ushwah (2019) Analisis Kesulitan Siswa dalam Menentukkan Ide Pokok suatu Paragraf dalam Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN PondokJagung 01 Serpong Utara. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER uswah t.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (41kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (248kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I-V REVISI SIDANG II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (620kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ushwah Nurhaliza.142400785.2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menentukkan Ide Pokok suatu Paragraf dalam Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN PondokJagung 01 Serpong Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menetukan ide pokok suatu paragraf dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok suatu paragraf ada dua yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal meliputi, 1)siswa kurang memahami apa yang dimaksud dengan ide pokok suatu paragraf; 2) siswa belum bisa membedakan antara kalimat utama dan kalimat penjelas; 3) siswa kurang menyukai pelajaran Bahasa Indonesia; 4) kurangnya minat membaca dalam diri siswa. Faktor eksternal meliputi, 1) kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua siswa; 2) kurangnya metode dan strategi guru dalam materi ide pokok sehingga siswa kurang menyukai materi ide pokok; 3) pengaruh telepon genggam dan televise membuat minat baca siswa beralih ke menonton. Jenis kesulitan yang dihadapi siswa yaitu, 1) kurangnya kesiapan psikologi siswa dalam pembelajaran materi ide pokok; 2) pikiran negative siswa bahwasannya materi ide pokok merupakan materi yang membosankan; 3) sikap acuh siswa dalam proses pembelajaran, 4) minimnya minat membaca dan menulis dalam diri siswa, 5) kurangnya arahan dan motivasi dari orang tua siswa sehingga siswa tidak mempunyai semangat dalam proses belajar mengajar; 6) pemberian fasilitas telepon genggam tanpa adanya batasan dalam pemakaiannya, sehingga siswa lebih tertarik untuk bermain dengan telepon genggamnya dibanding untuk berlatih belajar di rumah; 7) kurangnya batasan dalam menonton televisi di rumah; 8) orang tua tidak memberi budaya membaca sejak dini kepada anak. Kata Kunci : Kesulitan belajar, siswa, ide pokok, paragraf.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Sep 2019 04:11
Perubahan Terakhir: 27 Sep 2019 04:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.