Huda, Iskhaqul (2019) Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam (Studi Pemikiran Fazlur Rahman). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (430kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (266kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (240kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (500kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (301kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (148kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Iskhaqul Huda, NIM: 122111517. Judul Skripsi: Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam (Studi Pemikiran Fazlur Rahman) Fazlur Rahman adalah salah satu tokoh yang memiliki wawasan luas tentang ajaran Islam. Beliau mempunyai visi dan misi memberantas kebodohan dan menginginkan umat muslim tidak bersifat defensif yang berlebihan karena takut terhadap gagasan barat tentang perkembangan pengetahuan akan mengancam standar moral tradisional Islam. Fazlur Rahman menginginkan perpaduan antara pendidikan sekuler dengan ajaran Islam, mengadopsi pendidikan modern yang telah memiliki pendidikan level tinggi dengan mentrasformasikan pendekatan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan konsep pembaharuan pendidikan Islam Fazlur Rahman secara mendalam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Library Research. Dalam penelitian Library Research ini yang dijadikan objek ialah literature-literatur yang berkaitan dengan pemikiran Fazlur Rahman serta konsep pendidikan Islam pada umumnya. Adapun sumber objek penelitian tersebut adalah dokumen tertulis, baik berupa buku primer dari tokoh yakni ISLAM dan ISLAM DAN MODERNITAS serta buku-buku yang berkaitan dengan konsep pendidikan tokoh. Hasil penelitian dapat penulis simpulkan, bahwa menurut konsep pembaharuan pendidikan Fazlur Rahman menyatakan bahwa seseorang terbentuk bukan dari hasil nenek moyangnya, melainkan terbentuk berdasarkan lingkungan sosial,dan perkembangan pengetahuan modern dengan melatih cara berfikir anak supaya menjadi kreatif. Fazlur Rahman mengutamakan keteladanan guru sebagai metode pendidikan serta syarat seorang pendidik. Selain itu Fazlur Rahman selalu berada di jalur pemikiran keagamaan yang bercorak rasional, sehingga lebih memfokuskan konsep pendidikan pada pentingnya mengembangkan perdamaian dunia dengan penggabungan mata pelajaran baru dan lama, meniadakan pendikotomian ilmu serta memanfaatkan perkembangan teknologi modern.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 27 Sep 2019 04:11 |
Perubahan Terakhir: | 27 Sep 2019 04:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4368 |
Actions (login required)
Lihat Item |