Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak (Studi Kasus di TPQ Assalam Komplek KPKN Jl. Karya Bhakti, Kota Serang)

Umi, Nasihatul (2019) Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak (Studi Kasus di TPQ Assalam Komplek KPKN Jl. Karya Bhakti, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (198kB)
[img] Teks
Pernyataan keaslian skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (413kB)
[img] Teks
BAB I Skripsi REVIS (manjaddawajadah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (280kB)
[img] Teks
BAB II Skripsi REVIS (manjaddawajada).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (301kB)
[img] Teks
Bab III Skripsi (manjaddawajadah).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB)
[img] Teks
Bab V Skripsi (manjaddawajadah).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (170kB)
[img] Teks
BAB IV Skripsi 2 (manjaddawajadah).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (229kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB)

Abstrak

Nama: Nasihatul Umi, NIM: 153400473, Judul Skripsi: Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak (Studi Kasus di TPQ Assalam Komplek KPKN Jl. Karya Bhakti, Kota Serang), Jurusan: Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah, Tahun 2019. Interaksi sosial pada anak pertama kali terjadi dalam lingkungan keluarga terutama orang tua, kemudian anak akan berinteraksi dengan lingkungan sosial di sekolah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan dapat dijadikan media untuk memfasilitasi perkembangan interaksi sosial siswa yang dapat dilihat secara langsung melalui suatu proses pembelajaran serta memberi pengaruh yang cukup besar bagi pembentukan perkembangan manusia dalam setiap tahap tugas perkembangan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk interaksi sosial pada anak dengan kemampuan interaksi sosial rendah? 2) Bagaimana penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak? 3) Bagaimana hasil penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam mengatasi kemampuan interaksi sosial pada anak di TPQ Assalam? Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui bentuk interaksi sosial pada anak dengan kemampuan interaksi sosial rendah 2) Mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak 3) Menggambarkan hasil dari layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam mengatasi kemampuan interaksi sosial pada anak di TPQ Assalam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan tindakan dengan menggunakan konseling kelompok dengan teknik role playing. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Jumlah partisipan 6 orang anak yang kemampuan interaksi sosialnya tidak baik. Dalam penelitian ini, peneliti telah menemukan beberapa bentuk-bentuk interaksi sosial rendah pada anak yaitu tidak mampu bekerja sama, tidak mampu menyesuaikan diri, tidak mampu berinteraksi dengan baik, tidak dapat mengontrol emosi diri, tidak mampu berempati, tidak mampu mentaati aturan, serta tidak mampu menghargai orang lain. Dalam penerapan ini, peneliti melakukan penerapan konseling kelompok dengan teknik role playing dengan menggunakan tiga tahapan yang digunakan yaitu terapi bermain peran (role playing) melalui drama imajinatif, melalui buku dan cerita, dan melalui game (permainan). Adapun hasil penelitian dari penerapan terapi bermain peran (role playing) ini yaitu anakanak mampu bekerja sama dengan baik, mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, mampu menyesuaikan diri, mampu berinteraksi dengan baik, dapat mengontrol emosinya, serta sudah dapat menghargai orang lain

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2019 05:32
Perubahan Terakhir: 16 Aug 2019 05:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4274

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.