SYUKUR, ABDUL (2017) PENGARUH PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(Studi di Kelas VIII SMPI Al-Wutsqo Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
CAVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (55kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (934kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI BAB 1-V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
PERYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (83kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI)
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (278kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Salah satu penekanan dalam kurikulum 2013 adalah penilaian autentik(authentic asessment) sebenarnya dalam kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sudah memberi ruang pada penilaian autentik,tetapi dalam implementasi dilapangan belum berjalan secara optimal. Melalui kurikulum 2013 ini penilaian autentik menjadi penekanan yang serius dimana guru dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik benar-benar memperhatikan penilaian autentik. Dari latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka penulis dapat merumuskan beberapa pokok permasalahan sebagai berikut: 1). Bagaimana penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP I al-Wutsqo Kelas VIII?; 2). Bagaimana hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPI al-Wutsqo?; 3). Apakah ada pengaruh penilaian autentik terhadap hasil pembelajaran PAI di kelas VIII SMPI al-Wutsqo?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui penerapan penilaian autentik di dalam pembelajaran PAI di Smp I al-Wutsqo Kelas VIII 2). Untuk mengetahui hasil pembelajaran PAI di Smp I al-wutsqo kelas VIII. 3).Untuk mengetahui pengaruh penilaian autentik terhadap hasil pembelajaran PAI di Smp I al-wutsqo kelas VIII Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk yang diamati merupakan sikap dan pandangan yang menggejala pada saat sekarang dan melihat pengaruh variabel X terhadap variabel Y Hasil penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan product momment(rxy) diperoleh bahwa penilaian autentik (Variabel X) dengan hasil X²hitung ()≤ X²tabel ()artinya pengaruh penilaian autentik cukup signifikan terhadap hasil pembelajaran PAI (Variabel Y) dengan hasil Y² hitung()Y²tabel()yaitu penilaian autentik sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran PAI. Adapuin kontribusi Variabel X terhadap Variabel Y dengan , diketahui persentase sebesar 92,16% artinya pengaruh penilaian autentik dapat mempengaruhi pembelajaran PAI sebesar 92,16% sedangkan sisanya sebesar 7,84% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: Menunjukkan bahwa penilaian autentik mempengaruhi terhadap hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PENILAIAN AUTENTIK |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 25 Apr 2017 09:19 |
Perubahan Terakhir: | 25 Apr 2017 09:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/427 |
Actions (login required)
Lihat Item |