Istirohah, Iis (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Peserta Asuransi Jiwa Syari’ah (Studi PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Kantor Pemasaran Syariah Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Iis Istirohah, NIM: 141600071, Judul Skripsi: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Peserta Asuransi Jiwa Syari’ah (Studi PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Kantor Pemasaran Syariah Serang). Untuk mewujudkan kekebalan daya tarik dari pesaing dan tidak mudah terpengaruh oleh tarikan persaingan perusahaan jenis lainnya. Maka sangat diperlukannya loyalitas dari peserta asuransi syariah, ada beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas peserta diantaranya kualitas pelayanan, promosi, kemudahan akses dan lain-lain. Kualitas pelayanan merupakan segala bentuk aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan guna memenuhi harapan konsumen dan loyalitas peserta, PT AJS Bumiputera Cabang Serang melakukan strategi-strategi pelayanan yang maksimal dan didalamnya terdapat lima dimensi SERVQUAL, yaitu berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan (kepastian) dan empaty. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas peserta pada PT AJS Bumiputera?; 2) Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas peserta pada PT AJS Bumiputera? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap loyalitas peserta pada PT AJS Bumiputera. 2) Untuk mengetahuimenganalisis Seberapa besar pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap loyalitas peserta pada PT AJS Bumiputera. Dalam penelitian ini populasi yang ditentukan adalah nasabah Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Cabang Serang. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Teknik sampling yang dipakai oleh penulis adalah Quota sampling, metode analisis yang digunakan oleh penulis yaitu kuantitatif meliputi uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji koefisien korelasi (R) dan uji koefisien Determinasi (R²) . Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan pengujian data melalui uji hipotesis (Uji t), disimpulkan nilai t hitung > t tabel (2230 > 1990) dan signifikansi (0,001 < 0,05), dengan itu Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Peserta Asuransi Jiwa Syariah. Nilai R2 sebesar 0,335 yang artinya dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Loyalitas Peserta Asuransi Jiwa Syariah adalah 33,5% sedangkan sisanya sebesar 66,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain seperti promosi, kemudahan akses dan lain-lain. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Peserta
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 06 Aug 2019 08:08 |
Perubahan Terakhir: | 06 Aug 2019 08:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4257 |
Actions (login required)
Lihat Item |